Mau Ikut Rekrutmen Taruna AAL 2021? Ini Tips & Trik Lulus Ujiannya

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 19 Mar 2021 19:11 WIB
Taruna-Taruni AAL tingkat III angkatan ke-67 mengevakuasi korban yang terjatuh ke laut saat mengikuti kompetisi antar divisi di perairan laut Seram, Maluku, Rabu (9/12/2020). Kegiatan yang digelar selama pelayaran etape kesembilan menuju Tual dalam menguji materi pemanduan,
Foto: ANTARA/ABRIAWAN ABHE/Mau Ikut Rekrutmen Taruna AAL 2021? Ini Tips & Trik Lulus Ujiannya
Jakarta - Pendaftaran rekrutmen taruna AAL 2021 akan segera dibuka. Pelaksanaan tersebut diketahui sangat ketat. Maka dari itu, calon pendaftar harus mengetahui tips dan trik ujiannya.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Julius Widjojono kuota rekrutmen taruna AAL 2021 adalah 242 orang. Angka itu terdiri dari taruna 233 orang dan taruni 9 orang

"Kuotanya 242 orang tahun ini. 233 orang taruna dan 9 orang taruni," ungkap dia kepada detikcom, Jumat (19/3/2021).

Nah, bagaimana tips dan trik agar lulus rekrutmen Taruna AAL 2021?

Menurut Julius, kunci utama sukses dalam ujian taruna AAL 2021 adalah menjadi diri sendiri. Selain itu, calon pendaftar juga harus memerhatikan kesehatan fisik dan juga mental.

"Be your self, sama siapkan fisik dan mental," terang Julius.

Lebih lanjut, Julius menjelaskan kesehatan fisik yang dimaksud, seperti melakukan gerakan olahraga sit up, push up hingga renang. Berdasarkan pengalamannya, ia bahkan melakukan check up fisik sejak 6 bulan sebelum ujian.

"Fisik itu mulai jasmani, lari, sit up, push up, pull up, shuttle run. Waktu kesempatan saya, saya periksa semua kesehatan seperti apa, mulai dari gigi sampai mata semua check up 6 bulan sebelumnya karena nggak mau kalah di pertandingan," kisah dia.

Selain itu, ia juga menyarankan para calon pendaftar menjaga kesehatan mentalnya dengan melepas semua masalah. Hal itu bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan psikolog.

"Test lain ada psikotes, kesehatan, kesehatan jiwa, mental idiologi. Misalnya lepaskan pikiran dari permasalahan, diskusi dengan psikolog, apasih kurang saya dan kalo militer kan harus disiplin, tanggung jawab. Nah, kalo nggak tanggung jawab apa yang harus dilakukan. Jadi, kalau mau siap tempur harus totalitas sehingga bertanding itu sudah pasti ranking," ungkapnya.

Terakhir, ia mengingatkan agar para calon pendaftar menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. "Makan makanan yang bergizi juga," tutup dia.

Sementara itu, pendaftaran rekrutmen AAL 2021 akan dibuka pada 12 April hingga 7 Mei mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online di website resmi rekrutmen TNI.

Selamat mencoba rekrutmen taruna AAL 2021!

Simak Video "Aksi Rombongan TNI di Trenggalek Bantu IRT Melahirkan di Kamar Mandi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia