5 Universitas Jurusan Sosiologi Terbaik di Indonesia dengan Akreditasi A

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 24 Feb 2021 16:42 WIB
Ilustrasi memilih PTN, jalur mandiri PTN, SBMPTN
5 Universitas Jurusan Sosiologi Terbaik Di Indonesia dengan Akreditasi A (Ilustrasi Nadia Permatasari)
Jakarta - Untuk detikers yang SMA-nya adalah lulusan jurusan IPS, biasanya tidak sedikit yang memilih untuk masuk ke universitas jurusan sosiologi terbaik.

Biasanya detikers yang mau jadi anak Sosiologi itu senang menjalin hubungan dengan masyarakat, atau tertarik dengan berbagai fenomena sosial yang terjadi di sekelilingnya dan ingin mencari tahu solusi dari permasalahan sosial yang terjadi.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali universitas yang menyediakan jurusan Sosiologi dengan kualitas yang tidak diragukan lagi bahkan banyak yang sudah mengantongi akreditasi A. Lalu, universitas mana saja yang bisa detikers pilih?

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau disingkat UI ini memang salah satu universitas unggulan di Indonesia. Diketahui bahwa jurusan Sosiologi di UI sudah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2017. Lalu untuk peminatannya terbagi menjadi dua yang terdiri dari Kebijakan dan Industri dan juga Analisis Dinamika Perubahan Sosial.

Untuk mata kuliah yang disediakan berupa Gender dan Struktur Sosial, Identitas Sosial dan Dinamika Sosial, Inovasi dan kewirausahaan Sosial, sera Kesenjangan dan Kebijakan Inklusi Sosial. Detikers mau pilih peminatan yang mana nih di UI?

Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran yang ada di Jawa Barat ini menjadi salah satu universitas yang banyak diburu saat SNMPTN. Salah satu jurusan terbaiknya yang sudah memiliki akreditasi A sejak tahun 2017 adalah jurusan Sosiologi.

Di sini detikers bisa memilih beberapa konsentrasi yang ditawarkan, seperti lingkungan, pembangunan, serta politik dan militer. Nantinya saat detikers sudah lulus, maka gelar yang akan disandang adalah Sarjana Sosiologi. Keren kan?

Universitas Gadjah Mada

Inilah universitas di kota pelajar Yogyakarta yang selalu menjadi langganan sebagai kampus terbaik dan pilihan sebagian besar calon mahasiswa Indonesia.

Jurusan Sosiologi UGM menjadi kampus pelopor yang pertama dan tetap konsisten untuk menjadi salah satu pusat pembelajaran Sosiologi di Indonesia. Bahkan keberadaan jurusan ini sudah sangat lama, yakni sejak 19 Desember 1955.

Diketahui bahwa Sosiologi UGM menawarkan tiga fokus untuk jurusan ini berupa Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Politik, dan Sosiologi Ekonomi. Bahkan jurusan ini juga sudah mendapatkan akreditasi A yang menunjukkan kualitasnya bagus.

Universitas Airlangga

Universitas jurusan sosiologi terbaik lainnya yang bisa detikers pilih adalah Universitas Airlangga. Ini menjadi jurusan pertama yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di tahun 1978. Bahkan Sosiologi di Universitas Airlangga menempati posisi ketiga setelah UI, UGM, dan
Universitas Hasanuddin.

Jurusan ini menawarkan fokus utamanya yang berupa Pembangunan Perkotaan. Di mana hal ini kerap kali memunculkan masalah sosial yang memerlukan kajian, telaah, dan analisis sosiologis. Detikers bisa menjatuhkan pilihan ke Universitas Airlangga yang jurusan Sosiologinya sudah berakreditasi A.

Universitas Andalas

Di tahun 1993 telah terbentuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Andalas yang akhirnya jurusan Sosiologi pun pindah dari Fakultas Sastra. Inilah universitas jurusan sosiologi terbaik yang ada di Indonesia. Ciri khas dari jurusan Sosiologi Universitas Andalas adalah memfokuskan diri pada Perubahan Sosial dan Sosiologi Pembangunan.

Terutama kemampuan untuk bisa menganalisis, merekayasa sosial dan memberdayakan. Jika detikers tertarik dengan isu-isu perubahan sosial, maka bisa memasukkan jurusan Sosiologi Universitas Andalas yang sudah berakreditasi A ini ke daftar pilihan.

Jadi, detikers mau pilih universitas yang mana nih? Semuanya adalah universitas jurusan sosiologi terbaik yang bisa mendukung detikers jadi lulusan Sarjana Sosiologi berkualitas.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia