IPB University Buka Seleksi Jalur PIN untuk Siswa Berprestasi, Ini Jadwalnya

Erwin Dariyanto, Faqihah Muharroroh Itsnaini - detikEdu
Kamis, 18 Feb 2021 17:00 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
IPB University Buka Seleksi Jalur Prestasi (Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id)
Jakarta - Kabar baik untuk detikers yang tertarik kuliah di IPB University, ada peluang menarik bagi calon mahasiswa dengan capaian prestasi. Berikut ini informasi lengkap terkait jadwal pendaftaran, dan persyaratan yang dibutuhkan.

Melansir dari laman IPB University , kampus ini telah mengadakan jalur seleksi mahasiswa baru berdasarkan capaian prestasi baik nasional maupun internasional sejak 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah. Namun pada tahun 2000, namanya berubah menjadi jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), atau jalur PIN IPB yang dikenal saat ini.

Jika detikers memiliki prestasi dan berminat untuk kuliah di IPB, tentu bisa mencoba jalur PIN ini. Siswa dengan prestasi khusus dapat diterima di IPB University setelah mengikuti tahapan seleksi.

"Jalur ini dibuka dengan tujuan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat/SMK yang berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB," kata Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Rabu (17/2/2021).

Menurut Drajat, calon mahasiswa masuk melalui jalur ini agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal. Tentu keunggulan, kreativitas, dan inovasi seorang siswa dalam mengembangkan pengetahuannya juga menjadi instrumen lain untuk meramalkan potensi keberhasilan di kampus.

Berikut ini jadwal, kualifikasi, dan cara pendaftaran seleksi masuk IPB University melalui jalur PIN:

Jadwal Pendaftaran jalur PIN IPB University


Pendaftaran : 1 Feb - 14 April 2021
Seleksi : awal Mei 2021
Pengumuman : 28 Mei 2021
Registrasi online : 29 Mei - 4 Juni 2021
Pengunduh Tagihan UKT : 7 Juni 2021
Periode Pembayaran UKT : 7-13 Juni 2021
Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021

Kualifikasi

1. Lulus SMA/Sederajat jurusan IPA, atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis pada tahun 2021.
2. Siswa merupakan siswa berprestasi dengan dibuktikan sertifikat penghargaan juara dalam lomba di tingkat internasional dan nasional.
3. Bidang lomba antara lain:
- Lomba Karya Ilmiah,
- Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika,
- Olahraga, Hafizh, dan Pramuka (jalur pramuka bekerja sama dengan Kwarda Jawa Barat)

Tata Cara Pendaftaran

1. Siswa membaca persyaratan pendaftaran penerimaan Jalur PIN.

2. Siswa membuat akun di laman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.

3. Siswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran yang dapat dilihat di http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/.

4. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi Prestasi ekstrakurikuler, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.

5. Siswa wajib mengunggah pas foto terbaru berwarna, dan sertifikat pemenang lomba/kejuaraan/Olimpiade nasional/internasional (jumlah sertifikat maksimum 5).

6. Pembuatan akun dan pembayaran pendaftaran dilakukan mulai 1 Februari 2021 dan pengisian formulir pendaftaran mulai tanggal 1 Februari 2021.
Drajat menambahkan, pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa jalur PIN IPB University akan dilakukan pada 28 Mei 2021 melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id. Verifikasi berkas akan diumumkan kemudian. (erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia