Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Besok, Ini Tips dan Trik Jitu Pilih Prodi

Tim detikcom - detikEdu
Minggu, 14 Feb 2021 11:51 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SNMPTN 2019 (Luthfy Syahban/detikcom)
Pendaftaran SNMPTN 2021 dibuka 15 Februari 2021. Perhatikan ketentuan dari LTMPT (Foto: Ilustrasi SNMPTN - Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Pendaftaran SNMPTN 2021 atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri akan dibuka besok Senin, 15 Februari 2021 pukul 15.00 WIB oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Kamu dapat menyimak beberapa tips dan triknya.

Seperti dikutip dari laman resmi LTMPT, pendaftaran jalur SNMPTN 2021 yang ditutup 24 Februari 2021 ini diberi kuota minimum 20% dari daya tampung.

Proses dan hasil seleksi jalur SNMPTN 2021 ditentukan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Peserta jalur seleksi ini adalah siswa eligible yang telah dipilih berdasarkan pemeringkatan sekolah.

"Kesesuaian nilai mata pelajaran dan nilai mata pelajaran dengan prodi yang dipilih merupakan suatu pertimbangan dalam seleksi," ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih dalam surat edarannya beberapa waktu lalu.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi atau prodi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua prodi salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolah asal.

Jika memilih satu prodi pada SNMPTN 2021, maka kamu dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun. LTMPT pun menyarankan agar peserta tidak lintas minat.

Terkait pendaftaran SNMPTN 2021, beberapa waktu lalu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemedikbud lewat akun instagram @ditjen.dikti memberikan tips dan trik SNMPTN.

Ikut SNMPTN 2021, berikut tips dan trik jitunya:

1. Pilih Jurusan dengan Tepat
Kenali minatmu, pertimbangkan jurusannya dengan baik. Setelah itu kamu bisa cari PTN yang menyediakan jurusan tersebut. Prodi yang sesuai dengan minat bisa membuatmu lebih bersemangat menjalani masa-masa kuliah.

2. Ketahui Nilai Rapormu
Hanya saja kamu juga perlu realistis. Kenali batas kemampuan dirimu melalui nilai-nilai yang sudah kamu dapatkan semasa sekolah.

3. Cari Tahu Sainganmu
Jangan sampai memilih jurusan yang menumpuk peminatnya. Prodi dengan peminat banyak membuat peluang untuk lolos SNMPTN 2021 semakin kecil.

4. Pelajari Relasi Sekolah
Pelajari jika sekolahmu memiliki hubungan yang baik dengan kampus yang kamu minati.

Nilai sekolah di setiap PTN kemungkinan besar berbeda. Pasalnya setiap PTN memiliki kriteria penilaian sekolah yang tidak sama.

5. Pelajari Track Record Alumni
Ketahui PTN mana saja yang paling banyak menerima alumni sekolahmu, dan prestasi apa saja yang alumni sekolahmu miliki pada PTN tersebut.

Kelolosan peserta SNMPTN juga dipengaruhi prestasi alumni sekolahmu di PTN yang dituju. Jika alumni punya sikap atau nilai bagus, maka peluang lolos di tahap penyeleksian SNMPTN 2021 bagi peserta baru relatif besar.

Begitu pula sebaliknya. Jika ada alumni yang lolos SNMPTN di PTN tersebut tapi membatalkan diri atau alumni punya prestasi yang jelek, maka kemungkinan lolos seleksi lebih kecil.

6. Cari Info Mengenai Kuota
Pastikan bahwa kamu mencari informasi kuota jurusan yang kamu pilih untuk menganalisis kemungkinan untuk lolos.

Jangan lupa perhatikan ketentuan SNMPTN 2021 lainya dalam situs web LTMPT. Semoga berhasil! (pal/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia