SNMPTN 2021: Cek Kuota, Syarat, Apa Itu Siswa Eligible?

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 04 Feb 2021 13:20 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock/SNMPTN 2021: Cek Kuota, Syarat, Apa Itu Siswa Eligible?
Jakarta -

Mendekati hari Pendaftaran SNMPTN 2021, LTMPT mengingatkan sekolah segera menetapkan siswa eligible. Sesuai aturan LTMPT, pendaftaran SNMPTN 2021 berlangsung pada 15-24 Februari 2021. Hasil SNMPTN 2021 diumumkan pada 22 Maret 2021.

"Setelah melakukan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa, waktunya sekolah menetapkan Siswa Eligible dan melakukan Pengisian PDSS. Finalisasi Data Sekolah, Siswa Eligible, dan PDSS ditutup 8 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," tulis LTMPT dalam akun Instagramnya ltmptofficial.

LTMPT telah mengumumkan, SNMPTN 2021 hanya bisa diikuti siswa eligible. Selain itu, hanya siswa eligible yang bisa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). LTMPT telah menjelaskan apa itu siswa eligible, syarat, serta tahapan penentuannya.

Berikut penjelasan cek kuota, syarat, dan apa itu siswa eligible SNMPTN 2021?

A. Apa itu siswa eligible SNMPTN 2021?

Dalam postingan Instagramnya LTMPT menjelaskan, siswa eligible adalah siswa kelas 12 yang dapat mendaftar SNMPTN. Penjelasan serupa juga disampaikan Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto dalam Sosialisasi Daring SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021

"Yang dipilih sekolah tersebut itulah siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021. Yang menentukan siapa siswa eligible adalah wewenang sekolah," ujar Budi dalam sosialisasi yang disiarkan melalui channel YouTube LTMPT OFFICIAL pada (16/12/2020).

Budi menjelaskan, pemilihan siswa eligible harus sesuai kuota SNMPTN 2021 yang ditetapkan pemerintah. Wewenang ini bisa dimanfaatkan saat siswa yang dipilih kemungkinan tidak daftar SNMPTN 2021. Sekolah bisa memilih siswa eligible lain untuk memenuhi kuota SNMPTN 2021.

B. Cek kuota SNMPTN 2021

Berikut cara mengetahui kuota SNMPTN 2021 tiap sekolah:

1. Klik https://ltmpt.ac.id/

2. Pilih SNMPTN di bagian side bar dan klik Kuota Sekolah

3. Pilih pencarian berdasarkan lokasi atau Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

4. Untuk yang memilih pencarian dengan NPSN cukup masukkan deretan nomor tersebut dan klik Cari

5. Jika memilih pencarian berdasarkan lokasi cukup pilih provinsi dan kabupaten/kota domisili sekolah, kemudian klik Cari.

Kuota SNMPTN 2021 dan tahun sebelumnya bergantung dari akreditasi sekolah. Akreditasi A mendapat kuota 40 persen siswa terbaik, nilai B berhak atas 25 persen, sedangkan C memperoleh lima persen. Kuota berlaku untuk tiap jurusan di sekolah yang akan mengikuti SNMPTN.

Akreditasi dan jumlah murid di tiap jurusan paralel menentukan total siswa eligible yang bisa ikut SNMPTN. Budi mengatakan, jumlah siswa eligible tidak dihitung per kelas namun total murid dalam satu sekolah sebagai satu institusi.

C. Syarat dan tahap penetapan siswa eligible SNMPTN 2021

SNMPTN 2021 dan sebelumnya adalah salah satu cara perguruan tinggi mencari bibit unggul. Mereka adalah para siswa yang unggul secara akademis dan hebat di sekolah. Aturan ditetapkan meski unggul dan hebat sifatnya bisa sangat relatif.

1. Syarat siswa eligible SNMPTN 2021:

a. Memiliki nilai akademik yang baik sesuai syarat PTN dan berada di tahun terakhir SMA/MA/SMK

b. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS

c. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang diupload di PDSS

d. Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio

Sekolah biasanya melakukan pemeringkatan siswa untuk mengetahui nilai yang diperoleh dari beberapa pelajaran. Berikut pelajaran yang digunakan dalam pemeringkatan siswa

  • Jurusan IPA: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, kimia, fisika, dan biologi.
  • Jurusan IPS: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sosiologi, ekonomi, dan geografi.
  • Jurusan Bahasa: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sastra Indonesia, antropologi, dan salah satu bahasa asing.
  • SMK: matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian.

2. Tahap penetapan siswa eligible SNMPTN 2021

Dikutip dari Panduan Penetapan Siswa Eligible berikut tahap penetapannya

  • Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di LTMPT
  • Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang menyimpan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  • Tentukan jenis kelas yang ada pada sekolah anda pada menu Jurusan. Data jurusan diambil dari LTMPT, pendaftar diharapkan sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang telah ditentukan
  • Finalisasi data sekolah dan jurusan dengan menyetujui pernyataan yang berjudul Finalisasi Data Sekolah
  • Tambahkan siswa eligible dengan mengisi NISN per siswa yang diperoleh dari LTMPT. Penambahan juga bisa dilakukan dengan import data
  • Finalisasi data siswa dengan menyetujui pernyataan yang berjudul Finalisasi Data Siswa.
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia