4 Sekolah di Jakarta akan Jadi Pioneer Sekolah Rendah Emisi, Ada Sekolahmu?

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 27 Sep 2022 14:00 WIB
Sejumah siswa-siswi mengikuti pembelajaran tatap muka di kawasan SDN Rawa Badak Selatan 01, Koja, Jakarta Utara, Jumat (4/2/2022). Saat ini pembelajaran tatap muka 50 persen kembali diberlakukan di Jakarta.
4 Sekolah di Jakarta akan Direvitalisasi dengan Konsep Net Zero Carbon. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Sebanyak empat sekolah di Jakarta akan direvitalisasi dengan konsep Net Zero Carbon. Hal ini diumumkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta dalam Instagram resminya.

"Sekolah Net Zero Carbon dibangun di Jakarta! Bangunan sekolah sebagai sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan menjadi pioner gerakan besar menuju bangunan rendah emisi. Hal inilah yang tengah diupayakan Pemprov DKI Jakarta melalui Disdik DKI dengan merevitalisasi 4 bangunan sekolah," tulis unggahan dalam akun @disdikdki Selasa (27/9/2022).

Bangunan dengan konsep Net Zero Carbon sendiri adalah bangunan dengan emisi rendah, hemat saat beroperasi, dan sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan. Sehingga secara emisi, karbon yang dihasilkan sangat minim.

Disdik Jakarta menjelaskan alasan pemilihan sekolah sebagai bangunan awal yang akan direvitalisasi dengan konsep ini. Dalam unggahan yang sama, sekolah diyakini bisa menjadi pioneer bangunan emisi rendah pertama bahkan mencapai neraca zero emisi.

"[Selain itu] menjadi contoh bangunan masa depan dan untuk generasi muda," lanjutnya.

Konsep Pembangunan Rendah Emisi

Pemerintah dalam situs resmi Pusat Pengembangan Sumber Daya Aparatur Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (PPSDMA Kementerian ESDM) ingin mewujudkan komitmen Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Untuk mencapainya diperlukan sebuah transisi dari sistem energi yang digunakan sekarang ke sistem energi bersih guna mencapai kondisi seimbang antara aktivitas manusia dengan keseimbangan alam.

Program NZE menjadi istilah populer setelah diadakannya Paris Climate Agreement tahun 2015. Program ini bertujuan untuk menekan pencemaran lingkungan yang berpotensi mengakibatkan pemanasan global.

Energi menjadi salah satu sektor yang difokuskan dalam upaya mencapai program NZE. Berbagai negara telah mengeluarkan regulasi-regulasi baru dalam hal penyediaan energi listrik yang disesuaikan dengan program NZE, termasuk di Indonesia.

4 Sekolah Net Zero Carbon di Jakarta

Dalam penerapan bangunan rendah emisi, ada empat sekolah yang sedang direvitalisasi dengan konsep Net Zero Carbon, yaitu:

1. SDN Duren Sawit 14 Jakarta Timur
2. SDN Grogol Selatan 09 Jakarta Selatan


3. SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan
4. SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat

Itulah konsep Net Zero Carbon pada empat sekolah di Jakarta. Ada sekolahmu, detikers?



Simak Video "Indonesia Menuju Transisi Energi"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia