Keren! Green School Bali Raih 3 Besar Sekolah Terbaik Lingkungan Se-Dunia

Keren! Green School Bali Raih 3 Besar Sekolah Terbaik Lingkungan Se-Dunia

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 25 Sep 2022 18:00 WIB
Green School Bali
Potret kegiatan di Green School Bali. (Dok. Green School Bali)
Jakarta -

Sekolah swasta Green School Bali dinobatkan masuk dalam 3 besar nominasi sekolah terbaik se-dunia atau The World's Best School Prizes untuk aksi lingkungan. Program penganugerahan sekolah terbaik tahun 2022 skala dunia tersebut diinisiasi oleh T4 Education.

"Green School Bali dinobatkan sebagai Finalis Top 3 untuk Penghargaan Sekolah Terbaik Dunia untuk Aksi Lingkungan, diluncurkan tahun ini oleh T4 Education," demikian keterangan yang dikutip dari laman resminya, Minggu (25/9/2022).

Merespons capaian ini, Kepala Green School Bali mengaku merasa terhormat bisa diakui dan bersanding dengans sekolah lain di dunia sebagai sekolah terbaik di bidang lingkungan tahun 2022.

"Nominasi kami dalam kategori aksi lingkungan semakin memperkuat keyakinan ini, dan kami merasa terhormat bertukar informasi dengan sekolah lain di seluruh dunia yang juga mengambil langkah penting dalam memberikan pendidikan keberlanjutan," ujar Sal Gordon melalui keterangan tertulisnya.

Green School Bali sendiri adalah sekolah dengan program belajar 12 tahun di Bali yang menjadikan isu lingkungan sebagai fokus dalam salah satu program sekolahnya. Beberapa inisiatif program lingkungan yang dilakukan di antaranya bio bus hingga toilet kompos.

"Toilet kompos, mengolah lebih dari satu ton sampah di pusat daur ulang Kembali per bulan, menyajikan makanan yang dibuat dengan bahan-bahan dari kebun sekolah dan memberi makan sisa untuk babi sekolah dan lalat hitam---larvanya digunakan untuk memberi makan ayam sekolah," terang Sal Gordon.

"Di Green School Bali, kami melibatkan tanggung jawab dan kepedulian kami pada lingkungan ke dalam kurikulum dan sekolah," lanjutnya lagi.

Sementara program bio bus dari Green School Bali yang diluncurkan 2015 ditujukan untuk mengurangi polusi udara di lingkungan sekolah. Di samping itu, pihak sekolah juga mendorong civitas akademika untuk menggunakan sepeda sebagai kendaraan pribadi.

Sal Gordon mengatakan, meningkatkan kesadaran isu lingkungan di sekolah juga adalah wujud mempersiapkan masa depan anak-anak. Utamanya, dalam menghadapi tantangan lingkungan dan sosial di masa mendatang.

Untuk itulah, setiap fasilitas dan model edukasi Green School Bali berorientasi pada lingkungan berkelanjutan.

Penghargaan sekolah terbaik di dunia ini merupakan inisiasi T4 Education yang menggandeng Accenture, American Express, Yayasan Hasanah, Templeton World Charity Foundation, dan the Lemann Foundation.

Penghargaan sekolah terbaik dunia ini terbagi dalam 5 kategori yakni, Kolaborasi Masyarakat, Aksi Lingkungan, Inovasi, Mengatasi Kesulitan, dan Mendukung Hidup Sehat. Penghargaan ini digelar dalam rangka mengapresiasi seluruh sekolah di dunia yang memainkan peran penting dalam menghadapi COVID-19.

Pemenang dipilih berdasarkan kriteria yang ketat oleh tim Judging Academy yang terdiri dari para pemimpin terkemuka di seluruh dunia termasuk akademisi, pendidik, LSM, wirausahawan sosial, pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta. Pemenang sekolah terbaik se-dunia versi T4 Education ini akan diumumkan pada 19 Oktober 2022 mendatang melalui http://worldeduweek.org/.



Simak Video "Tragedi Penembakan di Sekolah di Brasil Tewaskan 3 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia