SMAN Unggulan MH Thamrin Terlempar dari Top 1000 Sekolah LTMPT, Ada Apa?

SMAN Unggulan MH Thamrin Terlempar dari Top 1000 Sekolah LTMPT, Ada Apa?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 16 Sep 2022 18:00 WIB
Gedung sekolah SMAN Unggulan MH Thamrin.
SMAN Unggulan MH Thamrin tidak masuk 1000 besar sekolah se-Indonesia di daftar Top 1000 Sekolah Berdasarkan Nilai UTBK 2022 yang dirilis LTMPT. Kenapa? Foto: detikcom/Trisna Wulandari
Jakarta -

SMAN Unggulan MH Thamrin (MHT) tidak masuk daftar Top 1000 Sekolah 2022 Berdasarkan Nilai UTBK 2022 yang diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sementara itu, sekolah unggulan berasrama ini menjadi SMA terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK dalam daftar tahun 2021.

Kepala Sekolah SMAN Unggulan MH Thamrin Bahari Lubis menuturkan, ia semula mengetahui hal ini saat menonton pengumuman daftar Top 1000 Sekolah 2022 pada Jumat, 26 Agustus 2022.

"Kita semua ikut, anak-anak ikut, dalam majelis itu. Dibacakan peringkatnya (20 besar), kita tidak ada. Kita berpikir bahwa mungkin di luar 10 besar. Tetapi begitu kita masukkan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) kita, kok kita tidak ada di 1000 besar ya?," kata Lubis pada detikEdu.

Penelusuran SMAN Unggulan MH Thamrin di Daftar Top 1000 Sekolah 2022

Lubis menuturkan, pihaknya lalu mencari tahu penyebab keluarnya SMAN Unggulan MH Thamrin dari daftar Top 1000 Sekolah dengan menghubungi pihak LTMPT. Terhubung dengan Nabila via telepon, pihak sekolah dianjurkan langsung datang ke LTMPT di Gedung D Kemendikbudristek.

"Senin, 29 Agustus, saya bersama tim menuju LTMPT, ada Wakasek Bidang Kurikulum hingga guru BK, ketua angkatan, hingga ketua komite," kata Lubis.

Ia mengatakan, di sana, ia bertemu staf bernama Imran yang mengatakan kemungkinan terjadinya kesalahan. Ia pun dianjurkan untuk menelusuri ke Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek di Ciputat, Tangerang Selatan dan bertemu staf bernama Ismail.

"Saya bilang, saya ikut, dan waktu 2021 juga ikut Zoom meeting (UTBK oleh LTMPT). Saya ikuti semua syaratnya, karena kita wajib tahu semua syaratnya. Intinya dia tidak bisa jawab. Kita diarahkan ke Pusdatin," tuturnya.

Di Pusdatin Kemendikbudristek, sambungnya, ia mendapat konfirmasi bahwa data SMANU MHT dengan NPSN 20109933 sudah terverifikasi dan valid sebanyak 88 siswa lulusan 2022.

"Jam 3 diterima, sampai di sana di terima. Saya memahami, mereka nggak bisa jawab soal UTBK. Tapi intinya, dari 88 siswa, datanya sudah valid dan terverifikasi. Dan anak-anak kita ini sudah dinyatakan lulus untuk tahun 2022," kata Bahari.

Selanjutnya tentang Data Permanen dan respons Halo LTMPT>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia