Tapal Batas

Merdeka Belajar di Pulau Terluar Manfaatkan 'Laboratorium' Alam

Alfi Kholisdinuka - detikEdu
Rabu, 17 Agu 2022 13:11 WIB
Kisah Pengabdian 12 Tahun Guru Sekolah di Pulau Terluar RI
Foto: Rafida Fauzia
Anambas -

Merdeka belajar mempunyai makna yang berbeda bagi siapa saja, tak terkecuali bagi para guru yang mengajar di daerah tapal batas. Hanya saja, tantangannya jauh lebih berat dibanding guru-guru pada umumnya di perkotaan.

Kenyataan ini dirasakan oleh Safarilis (Safar), salah satu tenaga pendidik yang mengabdikan diri di tempat kelahirannya di Pulau Telaga Kecil, Kepulauan Anambas. Ia layaknya pahlawan pendidikan yang mengajar di wilayah perbatasan perairan 3 negara tetangga.

Safar pun mengisahkan apa saja usaha yang dilakukan para guru di pulau terluar agar murid SDN 006 Telaga Kecil yang mayoritas merupakan anak keluarga nelayan tetap bisa merasakan merdeka belajar di tengah keterbatasan fasilitas sekolah.

"Karena daerah kami ini daerah terluar, daerah terisolir sangat jauh dari jangkaun dengan keterbatasan media pembelajaran, jadi kami para guru memanfaatkan fasilitas yang ada di alam, seperti labor alam (laboratorium alam) yang kami gunakan," ujarnya kepada Tim Tapal Batas detikcom beberapa waktu lalu.

Sebagai contoh, kata Safar, jika di suatu kelas ada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang lazimnya menggunakan laboratorium IPA di sekolah. Namun, murid-murid sekolah dasar di sana akan diajak untuk berkeliling pulau atau sekolah untuk belajar IPA secara langsung.

"Karena di sekolah kita tidak tersedianya labor IPA, kita gunakan labor alam, kita manfaatkan limbah-limbah atau tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan alam sekolah," ungkapnya.

Semangat Anak-anak di Tapal Batas Menabung Untuk Masa DepanFoto: Rafida Fauzia/detikcom

Menurut Safar, hal itu membuat anak-anak lebih senang belajar di alam bebas dibanding di ruang kelas. Sebab, di alam mereka bisa melihat langsung jenis tumbuhan, limbah, maupun ikan-ikan yang sering ada di buku pelajaran.

"Namanya anak-anak ini kan belajarnya sambil bermain, mereka lebih suka di dunia luar, mereka langsung mengenal jenis-jenis tumbuhan, jenis limbah, jenis ikan dan segala macam sesuai dengan materi yang akan kita sampaikan dengan menggunakan labor alam yang ada di lingkungan sekolah," jelas Safar.

Halaman Selanjutnya: Siasat Laboratorium Alam

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia