PPDB Jateng 2022 Dibuka Hari Ini, Cek Jadwal dan Ketentuannya!

Nada Zeitalini - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 13:00 WIB
Pelaksanaan PPDB 2020 di Jawa Tengah telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Meski begitu, masih ada sekolah swasta di Kudus yang kekurangan siswa.
Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO
Jakarta -

Penerimaan Peserta Didik Baru wilayah Jawa Tengah atau PPDB Jateng 2022 telah dibuka hari ini. Pendaftaran dibuka untuk jenjang Sekolah Menengah Akhir (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://ppdb.jatengprov.go.id. Pada laman tersebut calon peserta didik baru (CPDB) akan diminta mendaftar dan login menggunakan nomor peserta dan password yang sudah didapatkan sebelumnya.

Dilansir dari laman resminya, berikut jadwal, cara mendaftar, dan ketentuan PPDB Jateng 2022!

Jadwal PPDB Jateng 2022

Pendaftaran : 29 Juni - 1 Juli 2022
Evaluasi Pengaduan : 2-3 Juli 2022
Pengumuman : 4 Juli 2022
Daftar Ulang : 5-7 Juli 2022

Cara Mendaftar PPDB Jateng 2022 Online

CPDB mengunjungi laman https://ppdb.jatengprov.go.id
Kemudian CPDB memilih jenjang dan jalur seleksi yang ingin diikuti
CPDB lanjut login menggunakan nomor peserta dan password yang sudah dimiliki
Setelah berhasil login, lanjut memilih sekolah tujuan sesuai dengan ketentuan
Setelah selesai cetak dan simpan bukti pendaftaran

Ketentuan PPDB Jateng 2022

Ketentuan PPDB Jateng 2022 untuk Jenjang SMA

Calon Peserta Didik memiliki hak melakukan pendaftaran pada 2 (dua) Satuan Pendidikan pilihannya dengan ketentuan 1 (satu) Satuan Pendidikan di dalam wilayah zonasinya, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar wilayah zonasinya, dengan ketentuan:

Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada 1 (satu) Satuan Pendidikan melalui jalur zonasi, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar zonasi pada jalur prestasi/afirmasi.

Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan pada jalur afirmasi.
Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran, kecuali Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali

Ketentuan PPDB Jateng 2022 untuk Jenjang SMK

Calon Peserta Didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 3 (tiga) pilihan kompetensi keahlian pada sebanyak-banyaknya 2 (dua) Satuan Pendidikan.

Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan kompetensi keahlian dan/atau Satuan Pendidikan selama masa pendaftaran.

Itulah seputar jadwal, cara daftar, dan ketentuan pendaftaran PPDB Jateng 2022 online untuk jenjang SMA dan SMK. Pendaftaran sudah dibuka hari ini sejak pukul 07.00 WIB. Bagi kalian yang ingin mendaftar segera ya sebelum pendaftaran berakhir pada 1 Juli 2022 mendatang.



Simak Video "Inflasi di Jateng Turun 0,69 Persen, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia