Ketua EdWG G20 Indonesia: Banyak Negara Belum Siap dengan Teknologi

Nikita Rosa - detikEdu
Sabtu, 21 Mei 2022 15:00 WIB
Ilustrasi anak belajar online
Ilustrasi siswa belajar online (Foto: Getty Images/Dusan Stankovic)
Jakarta -

Chair of Education Working Group (EdWG) G20, Iwan Syahril menyatakan banyak negara yang belum siap dengan penerapan teknologi dalam dunia pendidikan. Tidak hanya negara berkembang, namun juga negara maju.

"Secara domestik, melihat daerah 3T Terbelakang, Terluar, Tertinggal dalam teknologi pendidikan tentunya banyak perspektif yang tidak saja hanya buat daerah-daerah atau negara negara yang sudah maju," ujar Iwan Syahril dalam pers konferensi pertemuan kedua EdWG G20, Jumat (20/5/2022).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek itu menambahkan,"Bahkan negara maju pun dalam hal ini (teknologi) juga mereka perlu untuk mengakselerasi. Karena ternyata banyak yang belum siap."

Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan bukanlah hal yang baru. Indonesia sendiri telah membuat platform Merdeka Mengajar, di mana guru bisa berkolaborasi untuk memberikan pembelajaran yang inovatif bagi peserta didik.

"Tapi perlu untuk diatasi bukan saja masalah teknologinya. Ketika tidak ada teknologi lalu bagaimana yang bisa dilakukan sehingga bentuk-bentuk intervensi untuk pemulihan pembelajaran yang juga menjadi pembahasan tidak hanya fokus kepada hanya dengan menggunakan teknologi," tutur Iwan.

Chair of EdWG G20 itu melanjutkan, penguatan teknologi tidak bisa berdiri sendiri, namun juga perlu penguatan sumber daya manusia.

"Bukan hanya infrastruktur. Tapi yang lebih penting adalah human capacity, kapasitas dari manusia. SDM-SDMnya untuk menggunakan teknologi dengan baik dan produktif," jelas Iwan.

Hal ini menjadi perhatian negara-negara anggota G20. Berasal dari kelima benua, mereka menunjukan antusiasme terhadap pemulihan pendidikan baik dari segi infrastruktur dan sumber daya manusia.

"Tentunya nanti harapan kita, laporan atau report dari G20 dapat melihat keseimbangan ini (kita) refleksikan, Karena ini masih draft laporannya akan terus berkembang. Nantinya kita akan dapat melaporkan apa yang menjadi kerangka di Education Working Group dalam hal pemulihan teknologi," kata Iwan.

Pembahasan akan dilanjutkan dalam pertemuan ketiga EdWG G20 pada 22-23 Juni dan pertemuan keempat serta pertemuan tingkat menteri pendidikan akan diselenggarakan pada 25-27 Juli 2022.



Simak Video "Persiapan Plataran Menjangan Jelang G20 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia