Kantin SMAN 28 Jakarta Belum Buka, Kepsek Masih Nunggu Arahan Disdik

Rahma Harbani - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 15:30 WIB
Kantin SMAN 28 Jakarta yang masih belum beroperasi normal, Selasa (17/5/2022).
Kantin SMAN 28 Jakarta yang masih belum beroperasi normal, Selasa (17/5/2022). (Rahma Indina Harbani/detikEdu)
Jakarta -

Aktivitas di kantin SMAN 28 Jakarta masih belum terlihat pada Selasa (17/5/2022). Padahal, aturan SKB 4 Menteri terbaru menyebutkan, kantin sekolah sudah boleh dibuka pada setiap satuan pendidikan.

Umaryadi, Kepala SMAN 28 Jakarta menyebut, pihaknya masih menunggu arahan dari Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk izin pengoperasian kantin sekolah. Pasalnya, disebut Umaryadi, masih belum ada arahan dari Disdik DKI hingga saat ini.

"Walaupun SKB 4 sudah ada, tapi kita (SMAN 28 Jakarta) menunggu dulu regulasi dari Disdik (DKI Jakarta)," kata dia saat ditemui detikEdu, di SMAN 28 Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Lelaki yang kerap disapa Umar ini mengatakan, ada birokrasi dalam penerapan tiap aturan yang dikeluarkan pemerintah. Pada umumnya, tiap aturan yang dikeluarkan SKB 4 Menteri diikuti oleh turunan aturan dari Disdik setempat.

Dalam peraturan PTM terbaru, pedagang boleh jualan di dekat sekolah. Nah, mengenai ini, Umar memaparkan, pihak sekolah sudah menetapkan larangan berdagang sedari awal. Artinya, aturan terbaru SKB 4 Menteri mengenai pedagang di luar gerbang sekolah tidak berdampak pada SMAN 28 Jakarta.

"Kalau di gerbang luar sih, di SMAN 28 Jakarta, Alhamdulillah tidak ada. Kita memang tidak memperbolehkan berjualan di gerbang sekolah," terang Umar.

Bukan tanpa alasan, alasan pertama diberlakukannya aturan tersebut menurut Umar adalah menjaga kenyamanan di lingkungan sekolah. "Kedua, nanti lalu lintas macet. Tanpa ada pedagang di depan sekolah saja macet, apa lagi ada (pedagang)," paparnya.

Umar juga menambahkan, larangan berdagang di depan gerbang sekolah juga mencakup pertimbangan dari aspek estetika maupun kebersihan sekolah. "Jadi, anak-anak kalau mau jajan, ya sudah di kantin saja," ujar Umar.

Siswa Diimbau Sarapan di Rumah dan Bawa Bekal

Kantin sekolah SMAN 28 Jakarta masih belum beroperasi hingga hari ini, Selasa (17/5/2022). Untuk itu, pihak sekolah melalui Kepala SMAN 28 Jakarta mengimbau siswanya untuk sarapan di rumah dan membawa bekal masing-masing untuk jam istirahat.

"Imbauannya seperti, pertama, anak sarapan dulu di rumah. Yang kedua, (siswa) bawa bekal untuk saat istirahat," ujar Umar.

SMAN 28 Jakarta sendiri menerapkan aturan jam istirahat selama 15 menit di sela-sela kegiatan belajar mengajar (KBM). Siswa juga dilarang keluar kelas selama jam istirahat untuk meminimalisir kontak fisik yang berlebihan.

Mematuhi aturan tersebut, salah seorang siswi kelas X dari SMAN 28 Jakarta, Divani Annura Masauddin mengklaim dirinya terbiasa sarapan sebelum sekolah. Mulai dari mengonsumsi buah-buahan atau pun meminum susu.

Divani juga mengaku selalu membawa bekal selama kantin sekolah belum beroperasi. Biasanya Divani membawa bekal berupa air mineral, sekotak nasi dengan lauknya, atau pun roti saat harus menyiapkan bekal dengan terburu-buru.

"Bawanya yang simple-simple saja karena bisa lanjut makan lagi di rumah," tutur perempuan yang berusia 16 tahun tersebut.

Pada jam istirahat, Divani bercerita bahwa dirinya biasa menghabiskan waktu dengan memakan bekal maupun mempersiapkan diri untuk pelajaran berikutnya. "Waktunya (istirahat) 'kan singkat ya, nanti pelajaran selanjutnya (misal) ada tugas, presentasi, (atau) ulangan," beber dia.

Untuk diketahui, beberapa lalu aturan SKB 4 Menteri terbaru menyatakan kantin dan pedagang di gerbang sekolah sudah diizinkan untuk beroperasi. Kapasitas pengunjung kantin dibatasi hingga 75 persen untuk PPKM level 1, 2, dan 3 serta kapasitas 50 persen untuk PPKM level 4.

Sementara itu, untuk pedagang makanan di luar gerbang sekolah juga wajib dikoordinasikan dengan Satuan Tugas COVID-19 setempat. Hal ini ditujukan agar siswa juga tetap dapat mengonsumsi makanan yang bergizi.



Simak Video "Momen Vendor Tarik Meja-Kursi Sekolah di Riau Gegara Disdik Belum Bayar"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia