Libur Sekolah Diperpanjang dan Masuk 12 Mei, Pilih PTM atau PJJ?

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 09 Mei 2022 10:38 WIB
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di SMA Negeri 87, Jakarta, Jumat (8/4/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas siswa 100 persen sejak Kamis (7/4). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
PTM di Jakarta.Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Libur sekolah diperpanjang hingga Rabu (11/5/2022) sesuai arahan Kemendikbudristek untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Siswa baru masuk pada Kamis (12/5/2022) untuk semua jenjang pendidikan.

Perubahan jadwal libur dan masuk sekolah bertujuan mengurangi kemacetan akibat arus mudik Lebaran 2022. Keputusan diambil usai Kemendikbudristek berkoodrinasi dengan Kemenhub.

"Kemendikbudristek menanggapi positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022," kata Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristanto.

Selepas libur dan kembali masuk sekolah, apakah siswa langsung PTM 100 persen atau PJJ lebih dulu? Berikut informasinya

1. Usai libur sekolah diperpanjang, DKI pilih PTM atau PJJ?

Saat masuk sekolah, DKI Jakarta langsung menerapkan PTM 100 persen. Menurut Kepala Sub Bagian Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taga Radja Gah, kondisi sekolah di wilayahnya sudah memungkinkan PTM.

"Iya (PTM 100 persen), kan kondisinya sudah memungkinkan untuk melakukan PTM," ucap Taga saat dimintai konfirmasi detikEdu, Jumat (6/5/2022).

2. Usai libur sekolah diperpanjang, Jawa Barat (Jabar) pilih PTM atau PJJ?

Dalam arsip berita detik.com dijelaskan, Jawa Barat telah melaksanakan PTM 100 persen sebelum libur sekolah usai Lebaran 2022. Namun penerapannya bergantung pada kondisi PPKM dan geografis wialyah.

"Per 10 Januari sekarang sudah diizinkan, jadi kalau sekolah memadai diizinkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) Dedi Supandi.

3. Usai libur sekolah diperpanjang, Banten pilih PTM atau PJJ?

Dikutip dari situs Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten, sekolah telah menerapkan PTM 100 persen sebelum libur Lebaran. SMA, SMK, dan Sekolah dengan keahlian khusus (SKH) bisa melaksanakan tatap muka mulai Kamis (7/4/2022).

Biasanya sekolah akan memberikan informasi siswanya mengikuti PTM 100 persen atau PJJ. Sambil menunggu informasi terbaru, selamat menikmati libur sekolah diperpanjang ya dan hati-hati untuk yang mudik.



Simak Video "Jelang PTM 100 Persen, Ciamis Gelar Vaksinasi untuk Anak 6-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia