Siswa, Ini 6 Manfaat Penting Ekstrakurikuler di Sekolah

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 22 Jan 2022 16:00 WIB
Ekstrakurikuler anak sekolah
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tahukah siswa bahwa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bisa memberi banyak manfaat penting. Baik untuk perkembangan individu maupun skill yang dibutuhkan untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Dalam pendidikan di sekolah, siswa tak hanya fokus akademik tetapi perlu menyalurkan potensi lain. Kegiatan ekstrakurikuler inilah yang biasanya menjadi wadah untuk mengembangkan potensi siswa di luar akademik.

Lantas apa saja manfaat ekstrakurikuler di sekolah bagi siswa? Simak rangkumannya dikutip dari laman SMA Dwiwarna Bogor dan sekolah BPK Penabur.


6 Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah:


1. Sarana Mengasah Bakat dan Minat Kamu

Potensi yang kamu miliki bisa jadi itu adalah bakat dan minat yang paling menonjol. Hal itu bisa ditemukan salah satunya dengan mengikuti kegiatan di sekolah seperti ekstrakurikuler.

Kamu bebas memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat kamu sendiri. Misalnya kamu suka petualangan maka bisa ikut ekstrakurikuler pecinta alam atau pramuka. Kalau kamu suka menggambar atau musik silahkan ikut ekstrakurikuler kesenian.

Nah, ikut ekstrakurikuler tersebut akan melatih semua bakat dan potensi dalam diri kamu sehingga bisa lebih terarah dan berkembang. Siapa tahu di masa depan bisa menjadi profesi yang kamu banggakan.


2. Tempat Belajar Berorganisasi dan Sosialisasi

Bagi kamu yang cenderung pendiam dan pemalu di dalam kelas, ekstrakurikuler bisa menjadi solusi. Karena nantinya kamu akan menemukan teman baru yang punya hobi sama dengan kamu.

Hal ini bisa membantu kamu belajar berorganisasi, berkumpul dan bersosialisasi. Selain itu, sikap kepemimpinan kamu bisa terlatih dan itu akan menjadi bekal yang bagus untuk kamu setelah lulus sekolah nanti.


3. Melatih Tanggung Jawab dan Kemandirian

Kalau kamu ikut ekstrakurikuler tertentu di sekolah secara otomatis kamu akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap sesuatu dan menjadi mandiri. Karena pada setiap aktivitas ekstrakurikuler akan dikelola dan diurus sendiri oleh para siswa sedangkan guru hanya menjadi pembinanya saja.

Sehingga setiap kali ada kegiatan tertentu pada ekstrakurikuler yang kamu ikuti maka kamu dan teman-teman sekelas yang akan mengurus semuanya.

Dengan begitu kamu akan belajar untuk bertanggung jawab melakukan sesuatu pekerjaan hingga selesai. Kamu juga bisa menjadi lebih mandiri dengan mengurus acara dalam ekstrakurikuler tersebut.


4. Melatih Kerja Sama

Salah satu tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk melatih kemampuan bekerjasama antara kamu dengan teman-teman. Hal ini penting untuk bekal kamu melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Misal, nanti saat sudah selesai sekolah kamu harus mampu berbaur dengan teman-teman kuliah. Setelah lulus kuliah kamu pasti bekerja dan mau tidak mau harus bisa melakukan kerja tim dengan orang lain.

Nah, di sini kesempatan kamu melatih kemampuan bekerjasama agar nantinya tidak kaget saat turun langsung ke masyarakat.


5. Melatih Sikap Disiplin dan Komitmen

Ekstrakurikuler juga bisa membentuk pribadi yang berkarakter kuat yang disiplin dan memiliki komitmen. Hal itu karena ekstrakurikuler diadakan sesuai jadwal yang dibuat oleh sekolah maka kamu harus mau disiplin mengikuti sesuai waktunya.

Disiplin mengikuti ekstrakurikuler sesuai jadwal artinya kamu juga belajar untuk berkomitmen.


6. Berdampak positif untuk kesehatan

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, pramuka, palang merah pemuda (PMR), pecinta alam dan sebagainya tak hanya membentuk pribadi yang lebih baik, tapi juga berdampak pada kesehatan tubuh.

Karena kamu tak hanya berkelompok dalam berpikir tetapi juga bekerja sama bergotong royong dengan tenaga. Sehingga kamu akan lebih aktif dan semangat karena banyak bergerak dan melakukan hal positif.


Nah, itulah 6 manfaat penting ekstrakurikuler di sekolah. Kalau detikers apakah sudah mengikuti ekstrakurikuler?



Simak Video "Pengakuan 4 Siswi SMP di Pekanbaru yang Hilang Lalu Ditemukan di Kamar Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia