Dirjen GTK: Guru Swasta Berhak Ikut Seleksi PPPK Guru

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 19 Jan 2022 19:00 WIB
Tes PPPK Tahap 3 untuk Guru, Cek di Sini Informasinya
Dirjen GTK menegaskan, guru swasta berhak ikut seleksi PPPK Guru sesuai UU. Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Jakarta -

Sejumlah sekolah swasta kehilangan guru-guru tetap yang memilih menjadi aparatur sipil negara (ASN) dengan mengikuti seleksi PPPK Guru. Hal tersebut diakui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Iwan Syahril.

Iwan mengatakan dialog dengan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) pada 6 Januari 2022 lalu mengemuka masukan agar guru dari sekolah swasta yang lulus seleksi PPPK bisa kembali bertugas di sekolah asal.

Terkait hal tersebut, menurut Iwan, BMPS akan mengajukan judicial review Undang-Undang ASN. "Kami memahami bahwa kunciannya ada di undang-undang ASN, dan BMPS akan mengajukan judicial review UU ASN," dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek, Rabu (19/1/2022).

Iwan menjelaskan, sesuai undang-undang, semua warga negara berhak mengikuti kesempatan untuk mengikuti seleksi ASN, termasuk guru swasta.

"Dan kita mendorong semua sekolah swasta agar bisa membayar gaji guru-gurunya serta kepala sekolah, minimum sesuai UMR di undang-undang ketenagakerjaan,"kata Iwan.

Sebelumnya, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi X dengan Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia, Selasa (18/1/2022), aliansi membeberkan data hampir 9 ribu guru dari Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama lulus PPPK. Jumlah ini sekitar 7,2 persen dari total guru yang dimiliki LP Ma'arif.

Kemudian sebanyak 4.731 guru dari Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah lulus PPPK. Adapun dari sekolah Kristen dan Katolik lebih dari 5 ribu guru dinyatakan lulus PPPK.

Sebagian besar guru sekolah swasta yang diterima PPPK tersebut merupakan guru senior bersertifikasi dengan kualitas yang baik. Aliansi mengkhawatirkan berpindahnya guru-guru ini berpotensi menimbulkan destabilisasi kegiatan belajar mengajar serta administrasi dan manajemen sekolah.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menambahkan, partisipasi guru swasta dalam seleksi ASN diwajibkan oleh undang-undang atas dasar posisinya sebagai guru.

"Seperti halnya (warga negara) diberikan hak untuk masuk kementerian saat ada rekrutmen, (seleksi tersebut) bisa diakses dari pihak swasta juga," tuturnya.

Di sisi lain, Nadiem menjelaskan, undang-undang saat ini mewajibkan ASN yang lolos seleksi harus bekerja di organisasi pemerintahan. Ini artinya, guru swasta yang lolos seleksi PPPK harus bertugas di sekolah negeri hingga hasil judicial review menentukan lain.

Ketentuan Seleksi PPPK Guru Tahap III

Per 19 Januari 2022, berikut ketentuan Seleksi PPPK Guru Tahap III.

Guru swasta dan peserta PPPK Guru dari kategori lain yang belum lolos Seleksi PPPK Guru Tahap I dan II masih dapat mengikuti seleksi tahap III. Sekretaris Ditjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengatakan, pihaknya kini masih berkoordinasi dengan Panselnas terkait tanggal pelaksanaan seleksi PPPK Guru III.

"Terkait dengan jadwal ujian tahap ke-3, mohon ditunggu, kami sedang membahas dengan Panselnas terkait ujian tahap ke-3 ini. Jika ada informasi terkini terkait ujian tahap ke-3, saya akan segera mengabarkan kepada Bapak-Ibu semua," kata Nunuk seperti dikutip Rabu (19/01/2022) dari @nunuksuryani.

Kriteria Peserta Seleksi PPPK Tahap III

  • 1. Pelamar dari THK-II yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II
  • 2. Guru nonASN terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II
  • 3. Guru swasta terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II
  • 4. Lulusan PPG yang tidak lulus tahap II

Aturan tentang peserta Seleksi Tatap III tercantum dalam pengumuman nomor 3768/B/GT.01.00/2021 tentang Penerimaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Dalam aturan tersebut juga disebutkan, guru yang hendak mendaftar ke Seleksi PPPK Guru tahap III bisa memilih formasi di seluruh Indonesia sesuai sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi akademik.



Simak Video "Sekolah di Purwakarta Disegel Pemilik Tanah, KBM Tetap Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia