Link Cek NISN Siswa Online, Semua Jenjang Bisa Cek Kapan Saja!

Kristina - detikEdu
Senin, 27 Des 2021 08:00 WIB
NISN
Foto: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
Jakarta -

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan dapat diakses secara online. Nomor ini dibutuhkan dalam berbagai program pendidikan, mulai dari Ujian Nasional hingga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). NISN ini dapat menjadi pembeda antara satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Tujuan dan Manfaat NISN

Melansir situs NISN Kemendikbud, berikut tujuan dan manfaat dari NISN yang dimiliki oleh setiap siswa:

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Cek NISN Online

NISN dapat dicek melalui situs pangkalan data NISN dari Kemendikbud. Berikut cara cek NISN dengan mudah dan bisa dilakukan kapan saja:

1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
2. Masukkan nama lengkap siswa
3. Masukkan data tempat dan tanggal lahir
4. Ketik nama ibu kandung siswa
5. Centang bagian Captcha
6. Klik "Cari Data"
7. Jika data sudah benar, maka data NISN akan keluar

Nah, itulah link dan cara cek NISN secara online. Semoga membantu ya, detikers!



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia