Luhut Pandjaitan Blak-blakan Ungkap Alasan Dirikan SMA Unggul Del

Luhut Pandjaitan Blak-blakan Ungkap Alasan Dirikan SMA Unggul Del

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 20 Nov 2021 13:31 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut B. Pandjaitan, pendiri dan pembina SMA Unggul Del, Sumatera Utara (Foto: KEMENKO MARVES).
Jakarta -

Sekolah Unggul Del masuk nomor 4 sekolah terbaik di Indonesia versi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau 2021. Sekolah tersebut merupakan binaan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebagai pendiri sekaligus pembina, Luhut mengungkapkan alasan di balik kelahiran SMA Unggul Del melalui media sosialnya. Luhut menuturkan, sekolah swasta tersebut berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Del. Pendirian Yayasan Pendidikan Del, disebut Luhut, berlandaskan pada perhatiannya untuk perkembangan sains dan ilmu pengetahuan di Indonesia.

"Saya juga menceritakan latar belakang saya mendirikan yayasan pendidikan DEL @yayasandel 20 tahun yang lalu, saya juga menaruh perhatian besar pada perkembangan sains dan ilmu pengetahuan di Indonesia," kata Luhut seperti dikutip dari akun Instagram-nya pada Sabtu (20/11/2021).

Dia mengungkapkan hal itu dalam momen bertukar pengalaman dan bercerita dengan 10 siswa SMA Taruna Nusantara di kantornya, Kamis (18/11/2021) lalu.

Di samping itu, Luhut juga menyebutkan salah satu sosok dalam kehidupannya. Sosok inilah disebut-sebut Luhut menjadi inspirasi di balik kelahiran organisasi pendidikan miliknya.

"Karena terinspirasi oleh Pak Benny Moerdani, senior sekaligus mentor saya di militer," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut juga membeberkan prestasi dari pendirian SMA Unggul Del sejak tahun 2011 silam. Ia mengaku, sekolahnya sudah mampu mengungguli salah satu SMA unggulan di Indonesia, SMA Taruna Nusantara.

"Kalau saya boleh sombong, SMA Unggul Del yang saya dirikan 10 tahun lalu sekarang bisa mengalahkan SMA Taruna Nusantara yang memang punya 'track record' melahirkan lulusan-lulusan terbaik di negeri ini," beber dia.

Meskipun demikian, Luhut kembali menegaskan pada para siswa SMA Taruna Nusantara yang datang di ruang kerjanya bahwa intelektualitas dan penguasaan sains tidak cukup bila tanpa diimbangi dengan karakter yang baik.

"Karenanya saya berpesan pada mereka bahwa doa yang terbaik adalah perbuatan yang baik. Dengan melakukan kebaikan maka secara tidak langsung kita bisa jadi teladan dan membawa manfaat bagi banyak orang," tutur Luhut dalam postingannya.

SMA Unggul Del, Sekolah Binaan Luhut Pandjaitan


SMA Unggul Del berdiri sejak tahun 2011 dan mulai beroperasi pada tahun 2012 sesuai dengan SK Operasional Bupati Toba Samosir No 198. SMA swasta ini berlokasi di Jalan YP Arjuna, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Tobasamosir, Sumatera Utara.

Sejumlah fasilitas unggulan juga dapat ditemukan di SMA Unggulan Del. Beberapa di antaranya seperti, asrama, kantin, perpustakaan, hingga laboratorium. Untuk asrama, sekolah ini memiliki dua gedung dengan dua lantai untuk asrama putra dan putri.

Setiap kamar berisi fasilitas bunkbed, kasur, serta lemari dan dapat diisi oleh 6 orang siswa. Kemudian, ruangan pendukung di masing-masing gedung adalah toilet dalam, pantry, ruang setrika, gudang, ruang penjemuran, ruang westafel, ruang pencucian, toilet, hingga shower.

Tidak hanya fasilitas yang unggul, SMA Unggul Del juga menorehkan prestasi sebagai sekolah terbaik keempat dari seluruh Indonesia. Kriteria sekolah terbaik tersebut diambil berdasarkan nilai rerata TPS dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021.

Sekolah ini memiliki nilai rata-rata sebesar 654,285 dengan tertinggi 720,57 dan terendah 482,11. Melalui nilai rerataan itu pula yang membuat SMA Unggul Del binaan Luhut dinobatkan sebagai sekolah terbaik se-Sumatera Utara.



Simak Video "Luhut: Minyak Goreng Curah Kita Bikin Jadi Kemasan, Harga Rp 14 Ribuan "
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia