374 Siswa "Bertarung" di Tahap Akhir Kompetisi Sains Madrasah 2021

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 23 Okt 2021 21:01 WIB
Kompetisi Sains Madrasah 2021
Foto: dok. Kemenag
Jakarta -

Kompetisi Sains Madrasah 2021 kini memasuki tahapan tingkat nasional yang diikuti 374 pelajar. Tahapan kompetisi ini dimulai sejak akhir Juni 2021 lalu diikuti 76.617 satuan lembaga pendidikan dari tingkat MI/SD hingga jenjang MA/SMA.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Moh. Isom mengungkapkan siswa madrasah akan terus didorong untuk dapat mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains.

Salah satu upaya untuk meningkatkan bakat dan minat bidang sains siswa madrasah dengan menggelar KSM. "Antusias siswa madrasah tahun ini dalam mengikuti KSM sangat bagus, dibuktikan dengan jumlah lebih dari tujuh puluh ribu lembaga yang mendaftar kompetisi ini," ujar Isom, dalam pembukaan KSM 2021, Sabtu (23/10/2021).

Isom menerangkan, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah.

"Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam," terangnya.

Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam tersebut meliputi soal-soal sains yang terintegrasi dengan keislaman, soal sains dengan menggali konsep dan terapan yang ada dalam Islam seperti zakat dan ilmu falak serta soal keilmuan sains murni.

"Soal-soal diberikan dalam tiga bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab untuk menyiapkan siswa-siswi dalam kompetisi secara internasional," ujar Isom.

KSM Nasional digelar 24-25 Oktober 2021 diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi dengan seleksi yang dilaksanakan secara nasional serentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional berbasis elektronik, eksplorasi dan eksperimen.

Penilaian soal KSM dilaksanakan oleh tim juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes. Hasil KSM Nasional dipublikasikan di Portal Resmi KSM dan Portal Resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.



Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia