Hibah Pengembangan Guru Bahasa Inggris Dibuka, Dana hingga Rp 966 Juta

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 20:30 WIB
ilustrasi British Council Indonesia
Hibah pegembangan guru bahasa Inggris British Council Indonesia, yuk ikut! Foto: British Council Indonesia
Jakarta - British Council Indonesia membuka pendaftaran hibah Digital Innovation Grants, Selasa (28/9/2021). Penerima hibah berkesempatan mendapatkan dana £50,000 atau sekitar Rp 966 juta untuk merancang kegiatan pengembangan belajar-mengajar dan asesmen bahasa Inggris di Indonesia.

Hibah British Council Indonesia bertujuan untuk menggali inovasi dan kolaborasi dalam mendukung pengembangan profesional guru bahasa Inggris di sekolah dan pengajar bahasa Inggris di perguruan tinggi.

Hibah ini dibuka bagi kampus, ELT, dan organisasi edtech di Indonesia dan Inggris untuk bekerja sama dan mendesain, mengembangkan, menguji coba, dan mengevaluasi sumber daya pengembangan profesional guru yang potensial digunakan dalam skala nasional.

Kategori Hibah

  • Sumber daya pengembangan profesional guru (teacher professional development/TPD) untuk mendukung guru bahasa Inggris pra-jabatan/pelatihan dan guru-guru bahasa Inggris yang bekerja di sekolah, misalnya kursus online seperti Massive Open Online Course (MOOC).
  • Sumber daya pengembangan profesional guru (TPD) untuk mendukung guru bahasa Inggris yang bekerja di daerah pedesaan dan terpencil, yaitu daerah yang membutuhkan inovasi teknologi sederhana.
  • Sumber daya pengembangan profesional guru (TPD) untuk mendukung guru dan akademisi bahasa Inggris (misalnya dosen EMI) yang bekerja di Institusi Pendidikan Tinggi.

Contoh Kegiatan

  • Kursus khusus untuk melatih guru bahasa Inggris teknik asesmen formatif menggunakan Common European Framework of Reference for Languages: Learning, teaching, assessment (CEFR).
  • MOOC yang didesain untuk melatih guru bahasa Inggris teknik untuk menggunakan teknologi dalam mengajar bahasa Inggris di kelas dan di pembelajaran jarak jauh.
  • Kursus untuk melatih guru bahasa Inggris dalam menggunakan tools berteknologi sederhana di kelas dan di PJJ

Hibah British Council Indonesia Digital Innovation Grants diberikan pada 2-3 kerjasama UK-ID terpilih pada tiap kategori hibah. Sebagai catatan, dana hibah hanya boleh digunakan dalam lingkup kegiatan yang berkontribusi pada belajar-mengajar dan asesmen bahasa Inggris di Indonesia. Dana dan proposal kerjasama dirancang untuk implementasi 2 tahun, terhitung dari Desember 2021-Maret 2023.

Pendaftaran dan pengiriman proposal hibah British Council Indonesia Digital Innovation Grants dibuka hingga 9 November 2021 pukul 23.59 WIB.

Informasi selengkapnya tentang hibah pengembangan guru bahasa Inggris UK-ID British Council Indonesia bisa diakses di https://www.britishcouncil.id/en/call-proposals-uk-%E2%80%93-id-partnerships-english-teacher-professional-development-digital-innovation . Selamat mendaftar, detikers!



Simak Video "Kejari Tanjung Jabung Timur Geledah Kantor KPU Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia