MAN 1 Yogyakarta Sarat Prestasi, Menag : Jadi Barometer Madrasah Aliyah

Heri Susanto - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 15:30 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di MAN 1 Yogyakarta (29/9/2021) Foto: Heri Susanto
Yogyakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dibuat kagum saat mengunjungi MAN 1 Yogyakarta. Sekolah yang melahirkan banyak tokoh nasional seperti Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar tersebut bakal dikembangkan menjadi destinasi pendidikan.

"Kalau tidak masuk di sekolah favorit, baru dimasukkan ke madrasah. Kira-kira begitu. Saya berharap, ke depan madrasah menjadi destinasi utama. Tidak perlu ada yang diragukan, mulai dari riset, prestasi internasional ada, sains ada, nulis cerpen ada," kata Yaqut, saat memberikan apresiasi terhadap siswa, guru, dan tenaga pendidikan berprestasi, di MAN 1 Yogyakarta, Rabu (29/9/2021).

Ia mengungkapkan, banyak nilai-nilai positif yang bisa didapatkan bagi anak yang dimasukkan ke MAN 1 Yogyakarta. Dengan program asrama, MAN 1 Yogyakarta juga mendidik adab, tata krama, dan karakter.

"Dan yang paling diutamakan dari anak didik kita ini, adab, tata krama, karakter. Dengan model pendidikan seperti MAN 1 Yogyakarta ini bukan saja akademik saja. Akademik pasti didapatkan," ujar Gus Yaqut.

Bahkan, mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut kagum karena baru pertama kali melihat madrasah memiliki orkestra. Yaqut pun berjanji untuk menjadikan MAN 1 Yogyakarta menjadi proyek percontohan pengembangan madrasah aliyah di Indonesia.

"MAN 1 Yogyakarta ini saya berharap menjadi barometer madrasah aliyah. Apalagi, Yogya sebagai kota pelajar. Tidak kalah dengan MAN IC (Insan Cendekia)," katanya.

Kepala Sekolah MAN 1 Yogyakarta Wiranto Prasetyahadi, menyatakan selain prestasi di bidang akademik, sekolah juga mendukung bakat dan kemampuan siswa di bidang non-akademik.

Prestasi tersebut didapatkan dari Karang Jimbaran Setyatrisila International Conference of Young Social Scientist, Zahwa Emilia Qathrun Nada di Insight Competition Nasional, dan Nisrina Nur Azizah di Gold Medal Youth International Science Fair.

Wiranto juga mendapat penghargaan dari Menag sebagai Kepala Madrasah berprestasi.

Simak Video "Massa Bertopeng Unjuk Rasa di Depan Kemenag, Desak Gus Yaqut Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia