2 Siswa Positif COVID-19, Dinkes Gencar Tes Corona Pelajar di Jepara Secara Acak

Dian Utoro Aji - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 13:20 WIB
Ketersediaan tes dan pelacakan (tracing) Covid-19 di masyarakat sangat penting dalam menanggulangi pandemi. Kini layanan drive thru COVID hadir di tiga provinsi. Bandung salah satunya.
Foto: dok. IntibiosLab
Jepara - Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menyampaikan ada dua siswa yang terkonfirmasi positif Corona atau COVID-19. Hasil itu diketahui setelah Dinkes menggelar tes Corona secara acak kepada siswa.

"Terus kita ada 25 sampel PCR ditemukan dua positif yaitu dari salah satu sekolah di wilayah Pakis Aji. Ada dua siswa (terkonfirmasi positif Corona)," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Eko Cahyo ditemui di MTs Rengging Kecamatan Pecangaan, Rabu (29/9/2021).

Eko menuturkan selain itu ada ratusan siswa telah dites rapid antigen secara acak. Ada 187 siswa di sekolah Jepara yang dites rapid antigen. Hasilnya negatif.

"Pada saat yang lalu sudah dilakukan rapid antigen secara acak dari 187 siswa rapid antigen hasilnya negatif semua," ungkapnya.

Menurutnya dua siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut kondisinya tanpa ada gejala. Dinkes pun meminta puskesmas memantau dua siswa yang terkonfirmasi positif tersebut.

"Tapi Alhamdulillah sehat. Karena memang tanpa gejala jadi dilakukan penanganan dan pemantauan oleh puskesmas setempat," jelas Eko.

"Dan proses tracing dan testing tetap jalan. Kita sudah lakukan sampaikan kepada puskesmas diharapkan sesuai standar ya. Anjuran pemerintah 1 banding 18, Jateng kita 1 banding 8," sambung dia.

Eko mengatakan Dinkes meminta puskesmas di Jepara untuk memvaksinasi siswa di Jepara. Tidak hanya itu, puskesmas juga diminta menggelar rapid antigen secara acak kepada siswa. Hal ini dilakukan mencegah terjadinya penyebaran virus Corona atau COVID-19 di sekolah.

"Kita menyampaikan kepada puskesmas untuk melakukan vaksinasi di lingkungan sekolah di pekan ini. Kedua bersamaan dengan itu melanjutkan rapid antigen secara acak," terang Eko.

Dia menambahkan target vaksinasi remaja ada 112.7898 orang. Capaiannya dosis pertama ada 17.392 atau 15,4 persen. Sedangkan dosis dua ada 3.370 orang atau 3 persen.

Seperti diketahui sebelumnya ada 28 siswa dan guru MTs di Jepara terpapar Corona. Mereka hingga kini menjalani isolasi mandiri.

Simak video 'Kata Pakar soal Banyak Orang Daftar 'Hitam' Covid-19 Berkeliaran':

[Gambas:Video 20detik]



(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia