PTM di Bantul Digelar Pekan Depan, Apa Saja Persiapannya?

Pradito Rida Pertana - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 17:00 WIB
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai dilakukan di Siswa SMP Negeri 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Anak-anak tampak gembira bisa masuk sekolah lagi.
Foto: Whisnu Pradana
Bantul -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memastikan seluruh pelajar selesai divaksinasi pada 25 September. Kemudian pembelajaran tatap muka (PTM) akan berlangsung pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja mengatakan, bahwa pihaknya tengah menggenjot vaksinasi COVID-19 untuk remaja. Menurutnya seluruh siswa SD, SMP, SMA dan SMK sederajat di Bantul pada 100% selesai divaksin pekan ini.

"Tanggal 25 September 2021 saya pastikan semua siswa sudah tervaksin," ucapnya saat ditemui wartawan di Kabupaten Bantul, Kamis (23/9/2021).

Terkait hal tersebut, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo mengatakan, hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur DIY agar 80% seluruh siswa sudah tervaksin sebelum PTM. Bahkan, Joko telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul.

"Hari ini saya akan melakukan pertemuan secara virtual dengan Disdikpora, kepala sekolah untuk memastikan kesiapan jika pekan depan PTM mulai diuji coba," ujarnya.

Menyoal antisipasi munculnya klaster sekolah seperti yang terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur ketika PTM digelar, pihaknya tentu telah memastikan PTM menerapkan prokes ketat. Pasalnya Pemkab tidak mau muncul klaster baru dari PTM.

"Kalau itu (munculnya klaster baru PTM) kelas akan menjadi pertimbangan dari Bupati manakala PTM digelar. Karena itu kami pastikan semua murid sudah divaksin dulu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Disdikpora Bantul mengaku belum menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) SD-SMP. Pasalnya merujuk syarat Gubernur DIY capaian vaksinasi pelajar harus 80% sedangkan di Bantul baru 42%.

"Mundurnya jadwal PTM karena capaian vaksinasi pelajar belum 80 persen. Karena pak Gubernur (DIY) menghendaki agar benar-benar aman maka pelajar harus sudah divaksin paling tidak 80 persen," kata Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko saat dihubungi wartawan, Senin(20/9/2021).



Simak Video "Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Polman, Sejumlah Murid Abai Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia