Ketika Pelajar yang Divaksin Rindu Sekolah Normal dengan Tatap Muka

Arbi Anugrah - detikEdu
Selasa, 21 Sep 2021 14:45 WIB
Vaksinasi pelajar di Kabupaten Banyumas
Foto: Arbi Anugrah
Purwokerto -

Kerinduan kembali ke sekolah untuk belajar dengan normal banyak disuarakan para pelajar. Termasuk para siswa yang tengah mengikuti program vaksinasi alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Tahun 1998 di Purwokerto.

"Dua tahun kangen sekolah, ingin segera normal, selama ini rindu kegiatan belajar mengajar yang tatap muka. Kedepannya ingin kegiatan sekolah yang tatap muka lebih sering," kata Agung Prianggoro (16) siswa SMK 75 Purwokerto, kepada wartawan di Mapolresta Banyumas, Selasa (21/9/2021).

Dia mengaku meski sudah sempat bersekolah, tapi dirinya sempat takut karena belum disuntik vaksin. Agung sebenarnya takut jarum suntik. Hanya saja demi kekebalan tubuh dan sekolah tatap muka ditengah pandemi COVID-19, dirinya memberanikan diri.

"Memang sempat tegang sebelam divaksin, apalagi ini vaksin pertama, jadi agak takut. Tapi setelah divaksin biasa saja, merasa lebih aman karena kekebalan tubuhnya meningkat," ujarnya.

Tak hanya Agung, hal sama juga diutarakan Dwi Ardini, pelajar SMK di Purwokerto. Dia mengaku sangat merindukan suasana sekolah dan canda teman-teman di sekolah.

"Keinginan yang paling dirindukan bisa ketemu temen temen. Dengan divaksin bisa belajar tatap muka di sekolah. Yang jelas kangen suasana sekolah dan rindu temen temen," ujar Dwi.

Sebelum divaksin pun, Dwi mengatakan jika sempat takut, pasalnya sejak kecil dirinya jarang sekali disuntik. Namun setelah disuntik vaksin, dia mengaku lega.

"Sebelam divaksin takut kena COVID-19, setelah (divaksin) sudah lega (karena) sudah disuntik, mudah mudahan jadi tambah kekebalan tubuh," ucapnya.

Sementara menurut Kapolresta Banyumas Kombes M Firman L Hakim mengatakan jika kegiatan vaksinasi massal ini bagian dari bakti sosial Akabri angkatan 98. Dimana kegiatan ini menyasar 2.000 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Banyumas.

"Kenapa menyasar pelajar, sekarang kita sudah mau masuk ke era new normal, adik adik kita harus sekolah, kalau tidak sekolah bagaimana nanti ke depannya dan ini tidak hanya adik adik sekolah saja, ada lansia, kemudian masyarakat umum. Tapi memang hari ini kita fokuskan kepada adik-adik pelajar dan mahasiswa dengan tujuan mereka siap untuk sekolah, siap untuk tatap muka," ucapnya.

Dia menjelaskan jika kegiatan ini bukan hanya dilakukan di Kabupaten Banyumas, tapi juga dilaksanakan serentak dari Sabang sampai Merauke. Dimana alumni Akabri 98 Nawahasta, terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan dari Kepolisian Republik Indonesia.



Simak Video "PTM Perdana di Rembang Setelah Hampir 2 Tahun Belajar Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia