Ujian Kompetensi PPPK Guru Tahap 1 Digelar, Ini Ketentuannya

Kristina - detikEdu
Senin, 13 Sep 2021 10:30 WIB
Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021 berjalan mulai hari ini. Begini suasana tes di gedung Badan Kepegawaian Nasional Jakarta.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap 1 digelar mulai hari ini, Senin (13/9/2021). Ujian berlangsung dalam dua sesi dengan sesi susulan dilaksanakan pada Sabtu (18/9/2021).

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mengatakan, ujian Seleksi Kompetensi tahap 1 akan diikuti oleh 629.496 peserta. Ujian akan diselenggarakan di 1.100 lokasi yang tersebar di 500 kabupaten/kota.

"Ada jumlah pelamar 925.632 dan yang akan, yang berhak mengikuti ujian seleksi tahap 1 itu jumlahnya 629.496 untuk memperebutkan formasi yang sudah ada," kata Nunuk dalam Webinar Persiapan Seleksi Calon Guru ASN PPPK 2021 yang digelar secara daring, Kamis (9/9/2021) lalu.

Ujian Kompetensi tahap 1 akan berlangsung pada 13-17 September 2021. Peserta Seleksi PPPK Guru memiliki tiga kali kesempatan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi.

Peserta dapat mengecek jadwal dan lokasi ujian melalui akun SSCASN masing-masing atau melalui laman gurupppk.kemdikbud.go.id dengan memasukkan NIK dan nomor peserta.

Berdasarkan Pengumuman Nomor 5001/B/GT.01.00/2021 tentang Ketentuan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi 1 Guru ASN-PPPK Tahun 2021, peserta belum dapat mengikuti Seleksi Kompetensi tahap 1 apabila tidak terdapat keterangan lokasi dan waktu seleksi dalam akun yang bersangkutan.

Keputusan tersebut disebabkan karena peserta merupakan guru yang mengajar di sekolah swasta, lulusan PPG, peserta yang tidak memilih formasi di sekolah induk walaupun terdapat formasi yang linier di sekolah induk, dan peserta yang tidak terdapat formasi linier di sekolah induk dan tidak ada formasi kosong di sekolah lain.

Berdasarkan Pengumuman Nomor 5044/B/GT.01.00/2021 tentang Tambahan Ketentuan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi I Guru ASN PPPK Tahun 2021, setiap peserta wajib membawa rapid test antigen hasil non reaktif/negatif.

Bagi peserta yang tidak hadir ke lokasi ujian pada sesi yang telah ditentukan karena alasan kesehatan, seperti rapid test reaktif, positif COVID19/ sakit/ melahirkan, maka dapat mengikuti ujian susulan pada Sabtu, 18 September 2021.

Ketentuan Lengkap Uji Kompetensi PPPK Guru Tahap 1

Berikut ketentuan lengkap mengenai pelaksanaan Seleksi Kompetensi 1 PPPK Guru 2021:

1. Bagi peserta yang hadir ke lokasi tempat ujian kompetensi (TUK) tanpa membawa dokumen asli bukti rapid test dengan hasil non reaktif/negatif akan dipindahkan ke sesi susulan;

2. Bagi peserta yang hadir di lokasi lebih dari pukul 07.15 pada sesi 1 dan pukul 13.15 pada sesi ke 2 akan diikutkan ke seleksi kompetensi tahap 2;

3. Bagi peserta yang tidak hadir ke lokasi TUK pada sesi yang ditentukan karena alasan kesehatan (rapid test reaktif, positif Covid 19/Sakit/Melahirkan) atau karena alasan Kasus Khusus/Keadaan Kahar (Kondisi Geografis, Transportasi, Bencana Alam, dan lainnya) wajib menyampaikan laporan tertulis kepada Penanggung jawab lokasi TUK dengan menyertakan alasan dan bukti.

Selanjutnya Pengawas utama dan/atau Penanggungjawab lokasi memberikan rekomendasi untuk menentukan apakah peserta dapat ikut sesi susulan atau diikutkan ke seleksi kompetensi tahap 2. Proktor Utama memasukkan data peserta yang melapor tersebut ke laman CAT-UNBK beserta dokumen pendukung dan rekomendasinya;

4. Sesi susulan akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021. Pengumuman jadwal dan TUK sesi susulan dapat dilihat melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id satu hari sebelum pelaksanaan (Jumat tanggal 17 September 2021);

5. Peserta yang mengikuti sesi susulan tersebut wajib mengikuti prosedur sebagaimana disampaikan pada pengumuman sebelumnya;

6. Peserta yang tidak dapat hadir pada sesi susulan, baik karena masih dalam kondisi terpapar COVID atau alasan lain dinyatakan tidak mengikuti seleksi tahap 1 dan dapat mengikuti seleksi kompetensi tahap 2.

Pastikan datang tepat waktu untuk mengikuti Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap 1 ya, detikers!



Simak Video "KASN Catat Ada 77 Pegawai Dilaporkan Melanggar Kode Etik"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia