Program Medis Harvard Student Agencies Terima 3 Siswa SMP di Bogor, Ini Kisahnya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 07 Sep 2021 09:30 WIB
Program Studi Medis Harvard Terima Tiga Siswa SMP asal Bogor, Ini Kisahnya
Foto: sekolah bogor raya/Program Studi Medis Harvard Terima Tiga Siswa SMP Asal Bogor, Ini Kisahnya.
Jakarta - Tiga siswa SMP asal Bogor berhasil lolos seleksi dan mengikuti studi pra kedokteran dari Learn with Leaders yang bekerja sama dengan Harvard Student Agencies (HSA). HSA dikelola oleh para sarjana Harvard dengan visi menghadirkan pengalaman akademik.

Studi pra kedokteran bernama Future Doctors Program ini bertujuan mengenalkan realita dan bekal pada para siswa yang memiliki visi kuliah di bidang medis.

Mereka yang berhasil lolos Future Doctors Program, merupakan pelajar Sekolah Bogor Raya. Mereka adalah Abiyusyah Haidar Rainier, Olivier Basuki, dan Giovanna Anneliese Santoro.

Menurut guru biologi dari ketiga siswa tersebut Shinta Irmayanti, mereka adalah murid yang punya ketertarikan pada banyak hal. Olivier tertarik mempelajari penyakit dan permesinan, sedangkan Giovanna ingin menjadi perawat.

"Giovanna, in other hand, she is very definite. Since the beginning when she join our secondary school, she said that she wants to be a nurse (sementara, Giovanna sangat tegas. Sejak dia bergabung dengan sekolah menengah kami, dia berkata ingin jadi perawat)," ujar Shinta pada detikEdu, Senin (06/09/2021)

Terkait Haidar, Shinta mengatakan dia adalah siswa yang benar-benar tahu yang diinginkannya. Menurut Shinta, Haidar ingin menjadi dokter bedah toraks dan kardiovaskular.

Dihubungi pada waktu bersamaan Kepsek Sekolah Bogor Raya Andri Nurcahyani menjelaskan, awal keikutsertaan siswanya adalah dari hasil diskusinya bersama Learn with Leaders. Diskusi bersama sejumlah kepala sekolah dari berbagai negara dilakukan pada 25 April 2021.

"They really want to connect the students with people in universities, so they can be more prepared for university (life) (mereka sangat ingin menghubungkan siswa dengan para pihak universitas, sehingga para siswa tersebut akan lebih siap dengan kehidupan perkuliahannya kelak)," ujar Andri saat menjelaskan program Learn with Leaders.

Selanjutnya, koordinator program internasional Sekolah Bogor Raya Chris England menawarkan program Future Doctors dari Learn with Leaders dan Harvard Student Agencies ini kepada para siswanya. Haidar, Olivier, dan Giovanna berhasil lolos setelah mengikuti seleksi administrasi dan wawancara bersama pihak Learn with Leaders.

Andri menjelaskan, dirinya tidak memberi syarat khusus bagi siswa yang sebelumnya mendaftarkan diri. Menurutnya, semua siswanya dapat melamar selama mereka memiliki tujuan jelas, keinginan kuat, mampu berbahasa Inggris, dan peduli terhadap permasalahan global.

Dirinya juga menuturkan tidak ada strategi khusus untuk mempersiapkan siswanya mengikuti program ini. Andri menyatakan semua pengetahuan sudah dimiliki oleh para siswanya. Menurutnya, salah satunya karena ada mata pelajaran Global Perspectives di sekolah.

Dalam kesempatan ini Andri menyampaikan semoga masyarakat turut mendapat pesan bahwa bukan berarti ketiga siswa yang berhasil lolos ini adalah siswa yang melulu belajar. Ia menyebutkan, ketiganya mempunyai kehidupan yang seimbang dan bisa menikmati masa remajanya.

Usai menyelesaikan program Future Doctors yang diberikan Harvard Student Agencies tersebut, Andri dan Chris berencana untuk menyelenggarakan kegiatan berbagi pengalaman. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi siswa lainnya.

Simak Video "Ustaz yang Lecehkan Sejumlah Siswa SMP Dipecat sebagai Guru-Kepsek!"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia