Sekolah Tatap Muka, Berapa Lama Durasi Pertemuan Jenjang PAUD-SMA?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 06 Sep 2021 10:02 WIB
Sekolah Tatap Muka di SDN 03 Palmerah Jakbar
Foto: Azhar/detik/Sekolah Tatap Muka, Berapa Lama Durasi Pertemuan Jenjang PAUD-SMA?
Jakarta - Sekolah tatap muka terbatas di DKI Jakarta telah dilaksanakan mulai Senin (30/8/2021). Sejumlah peraturan ditetapkan pemerintah untuk mengantisipasi penularan COVID-19 selama pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas.

Salah satu poin penyelenggaraan sekolah tatap muka adalah durasi jam belajar selama pandemi. Aturan ini tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 882 Tahun 2021 yang diteken Dinas Pendidikan (Kadisidik) Nahdiana.

Durasi pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas di tiap jenjang pendidikan yakni sebagai berikut,

Daftar lama sekolah tatap muka PAUD-SMA

- SMA/SMK sederajat: Maksimal 35 menit x 5, artinya 175 menit/1 kali/minggu

- SMP sederajat: Maksimal 35 menit x 4, artinya 140 menit/1 kali/minggu

- SD sederajat: : Maksimal 35 menit x 3, artinya 105 menit/1 kali/minggu

- PAUD: Maksimal 30 menit x 2, artinya 60 menit/1 kali/minggu

Sekolah tatap muka terbatas terbagi atas fase masa transisi selama dua bulan dan fase masa kebiasaan baru. Fase masa transisi berlangsung selama 2 bulan sejak PTM terbatas dimulai di satuan pendidikan tersebut.

Pada masa transisi, kantin sekolah tidak dibuka. Terkait kebijakan ini, siswa dapat melaksanakan istirahat dan makan bekal yang disiapkan dari rumah.

Jadwal pembelajaran, jumlah hari kelas dalam seminggu, dan jumlah jam belajar per harinya hari diterapkan melalui pembagian rombongan belajar (shift). Dengan demikian, siswa tetap bisa menerapkan jarak 1,5 meter antar meja dengan siswa lainnya.

Selama sekolah tatap muka, rombongan belajar menjalani pembelajaran dengan metode blended learning. Metode blended learning merupakan proses belajar tatap muka di kelas yang digabungkan dengan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan demikian, satu rombongan belajar di sebuah kelas menjalani pembelajaran di sekolah secara terbatas, sementara rombongan lain menjalani PJJ secara bersamaan.

Masa kebiasaan baru kemudian diterapkan setelah sekolah tatap muka masa transisi selesai. Fase masa kebiasaan baru pada sekolah tatap muka terbatas dapat diterapkan apabila daerah tersebut tetap dikategorikan sebagai daerah PPKM level 3 ke bawah atau zona hijau.

Simak Video "27,17 Persen Sekolah di RI Sudah Lakukan PTM Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia