Dinkes Bantul Percepat Vaksinasi untuk Pelajar agar Siap Sekolah Tatap Muka

Pradito Rida Pertana - detikEdu
Rabu, 25 Agu 2021 22:08 WIB
Vaksinasi pelajar di Kabupaten Bantul
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyebut saat ini capaian vaksinasi untuk pelajar baru 5,83%. Dinkes pun mempercepat vaksin bagi pelajar, agar saat sekolah tatap muka mulai dibuka para pelajar sudah siap.

Salah satu yang digandeng untuk vaksin bagi pelajar adalah TNI Angkatan Laut. Hari ini, Rabu 25 Agustus 2021 TNI AL melakukan vaksinasi terhadap 1.100 pelajar di Bantul.

Kasie Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul dr. Abednego Dani Nugroho mengatakan, bahwa sasaran vaksinasi untuk remaja khususnya pelajar di Kabupaten Bantul mencapai 72.154 orang. Dari jumlah tersebut yang telah mendapatkan dosis pertama sebanyak 4.026 orang.

"Jadi baru 5,83 persen untuk dosis pertama dan yang sudah dapat dosis kedua ada 471 orang atau 0,63 persen," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (25/8/2021).

Oleh sebab itu, vaksinasi pelajar di Bantul melibatkan banyak pihak agar target cepat tercapai. Mengingat saat ini pemerintah tengah mengejar pembelajaran tatap muka atau sekolah tatap muka.

"Jadi data sampai tanggal 24 Agustus 2021 pelajar yang baru tervaksin masih jauh dari target sasaran. Karena itu kami percepat vaksinasinya untuk pelajar untuk persiapan pembelajaran tatap muka," ucapnya.

Sementara itu, Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Pantai Samas, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul Peltu SBA Agung P mengatakan, vaksinasi massal di Bantul ini menyasar 1.100 pelajar dari SMK Kelautan Sanden, SMA N 1 Sanden, SMK IT, Al Furqon dan MTS Al Furqon Sanden. Agung menyebut vaksinasi itu untuk menunjang persiapan pembelajaran tatap muka yang saat ini sudah mulai tahap assesment.

"Harapan kita saat PTM (sekolah tatap muka) nantinya digelar, dan seluruh siswa sudah tervaksin sehingga punya imun yang lebih kuat dan tidak mudah terpapar COVID-19," katanya kepada wartawan di Bantul.

Menurutnya antusiasme guru untuk menghadirkan siswanya untuk menjalani vaksinasi sangat tinggi. Bahkan, hampir semua siswa yang memenuhi usia 12 tahun ke atas dapat dihadirkan di SMK Kelatuan Sanden.

"Sejak pagi kami sudah bersiap untuk melaksanakan vaksinasi dan hampir siang tadi ada 500 pelajar sudah tervaksin," ujarnya.



Simak Video "Tingkah Lucu Siswa SD PTM di Parepare, Nangis-Tak Tahu Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia