5 Fakta Menarik tentang Bahasa Indonesia, Kamu Sudah Tahu Belum?

Anastasia Anjani - detikEdu
Rabu, 04 Agu 2021 10:52 WIB
Unik, Sekolah Australia Mengajarkan Kelas Agama Dalam Bahasa Indonesia
Foto: ABC Australia
Jakarta - Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan sehari-hari sebagai masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi.

Menurut situs Kemendikbudristek, Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 tepatnya pada Sumpah Pemuda. Hal ini juga termaktub dalam Sumpah Pemuda yang berbunyi "Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia,"

Selain itu, pada tahun yang sama Bahasa Indonesia juga ditetapkan sebagai bahasa nasional. Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945, Bahasa Indonesia juga telah ditetapkan sebagai bahasa negara.

"Tidak hanya diakui di Indonesia, Bahasa Indonesia juga dipelajari dan dihormati oleh negara lain. bahasa Indonesia dipergunakan dan dipelajari oleh banyak negara di dunia, lho! Per Juli 2021 tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia. Selain itu, Vietnam juga menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya untuk meningkatkan studi bahasa Indonesia dan menjaga hubungan bilateral dengan Indonesia. Luar biasa, kan?" tulis akun Kemendikbudristek di Instagram resminya.

Selain digunakan di Indonesia, Bahasa Indonesia juga digunakan di Vietnam. Hal tersebut dilakukan agar meningkatkan studi Bahasa Indonesia dan menjaga hubungan bilateral dengan Indonesia.

Apa saja fakta menarik tentang Bahasa Indonesia yang harus diketahui oleh detikers? Berikut penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram resmi Kemendikbudristek:

1. Masuk Urutan 9 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa Indonesia telah dipelajari di 56 negara. Selain itu Wikipedia berbahasa Indonesia berada di peringkat ketiga se Asia dan ke 26 sedunia. Serta Wordpress berbahasa Indonesia berada di peringkat ke 3 setelah bahasa Inggris dan Spanyol.

2. Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi di Vietnam. Hal tersebut telah dilakukan sejak tahun 2007 dan bahasa yang wajib dipelajari oleh tentara Kamboja.

3. Bahasa Indonesia memiliki penutur lidah yang paling fleksibel.

4. Pernah diputar di luar angkasa. Hal tersebut terjadi pada tahun 1977. Bahasa Indonesia diputar melalui rekaman piringan hitam Satelit Voyager (NASA).

5. Memiliki Keunikan dalam Ejaan Angka

Hal ini terdapat pada setiap angka yang bukan bilangan mempunyai huruf awal yang sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan (satu dan sembilan berhuruf depan s, dan seterusnya.).

Demikianlah 5 fakta menarik tentang Bahasa Indonesia yang harus diketahui. Jadi makin bangga bukan menggunakan Bahasa Indonesia?



Simak Video "Viral! John Lennon Ubah Lirik 'Imagine' Jadi Bahasa Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia