Berapa Banyak Pemuda Usia 21-24 di Indonesia yang Lulus SMA? Ini Data BPS

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 29 Jul 2021 12:03 WIB
Gunung Prau di kawasan Dataran Tinggi Dieng menjadi incaran para pendaki, salah satunya pelajar SMA. Selain menikmati keindahan alam, mereka juga mengibarkan bendera merah putih.
Berapa persen pemuda usia 21-24 tahun di Indonesia yang lulus SMA? Berikut data BPS (Foto Ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyajikan data terkait tingkat penyelesaian sekolah bagi siswa di Indonesia. Salah satu data yang disajikan adalah besarnya pemuda usia 21-24 tahun di Indonesia yang berhasil menyelesaikan studinya hingga jenjang SMA .

Sumber data yang disajikan BPS berasal dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Kor yang digelar pada bulan Maret tahun 2020. Data berikut juga didukung oleh data sekunder Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ajaran 2019/2020.

Survei ini bertujuan untuk menggambarkan banyaknya penduduk pada kelompok umur tertentu yang lulus tepat waktu pada tiap jenjang pendidikan.

Hasil menunjukkan tingkat penyelesaian sekolah pada penduduk laki-laki cenderung lebih tinggi dibandingkan tingkat penyelesaian sekolah pada penduduk perempuan.

Persentase penduduk laki-laki yang lulus dari jenjang SMA/sederajat sebesar 72,43 persen. Sementara itu, hanya 51,76 persen penduduk perempuan yang lulus dari jenjang tersebut.

Untuk analisis alur pendidikan penduduk kelompok umur 21-24 tahun 2020, hasilnya menunjukkan bahwa ada sebesar 67,93 persen pemuda kelompok umur 21-24 tahun yang melanjutkan ke jenjang SMA/sederajat.

Dari 67,93 persen penduduk tersebut, tercatat yang berhasil lulus dari jenjang SMA/sederajat berkurang jumlahnya menjadi 63,43 persen. Kemudian 3,04 persen masih bersekolah saat disurvei. Sementara itu, 1,46 persen lainnya tercatat putus sekolah saat menempuh jenjang SMA/sederajat.

Menurut BPS, semakin tinggi jenjang pendidikan suatu penduduk artinya tingkat penyelesaian sekolahnya juga semakin rendah. Terbukti dari dari 86,86 persen penduduk yang menamatkan jenjang SMP/sederajat, hanya 67,93 persen pemuda yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA/sederajat.

Adapun data lengkap mengenai tingkat penyelesaian sekolah jenjang SMA/sederajat bagi pemuda usia 21-24 tahun di Indonesia adalah sebagai berikut.

Tingkat Penyelesaian Sekolah Pemuda Usia 21-24 Tahun di Indonesia

- Tamat SMP/sederajat: 86,86 persen siswa

- Putus sekolah di SMP: 1,68 persen siswa

- Melanjutkan ke SMA/sederajat: 67,93 persen siswa

- Tamat SMA/sederajat: 63,43 persen siswa

- Putus sekolah di SMA/sederajat: 1,46 persen siswa

- Masih bersekolah di SMA/sederajat: 3,04 persen siswa

BPS juga menyoroti fenomena penduduk yang putus sekolah hingga tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. BPS menyebut hal tersebut dapat disebabkan karena faktor ekonomi, rendahnya kemampuan akademik siswa, atau pun faktor lainnya.



Simak Video "54 Siswa SMAN 1 Padang Panjang Positif Corona, Tatap Muka Dihentikan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia