Siswa, Inilah Kenapa Belajar Bahasa Inggris Bermanfaat untuk Masa Depan

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 09 Jul 2021 16:30 WIB
Apakah ada bahasa yang paling efisien: Inggris, Arab atau Mandarin?
Foto: BBC Magazine
Jakarta - Ada banyak alasan kenapa belajar bahasa Inggris sangat diperlukan bagi pelajar dan mahasiswa. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan disebut juga sebagai lingua franca.

Mengutip dari laman provider data statistik Statista, pada tahun 2021 ada sekitar 1.35 miliar orang di dunia yang menjadi penutur bahasa Inggris, baik sebagai bahasa asli maupun bahasa sekunder.

Agar detikers lebih yakin untuk belajar bahasa ini, detikEdu telah merangkum dari Oxford Royale Academy tentang sejumlah alasan kenapa belajar bahasa Inggris begitu penting dan perlu segera dimulai.

Manfaat belajar bahasa Inggris di era ini

1. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling dapat digunakan secara luas

Di dunia, ada 60 negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Di antaranya adalah UK, US, Australia, New Zealand, dan sebagainya.

Di samping itu, bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang paling banyak diadaptasi sebagai bahasa kedua. Beberapa contohnya adalah di Norwegia, Swedia, Jerman, Denmark, dan Belanda.

2. Bahasa Inggris memberi akses pada sejumlah literatur terbaik di dunia

Bila belajar bahasa Inggris, kamu dapat menikmati berbagai karya penulis paling terkenal di dunia dengan interpretasi seperti yang dimaksud penulisnya. Hal ini dikarenakan, karya terjemahan tidak selalu bisa menyampaikan maksud asli penulisnya.

Di samping itu, membaca literatur berbahasa Inggris juga akan mempertajam pemahaman terhadap bahasa tersebut.

3. Bahasa Inggris memberi lebih banyak akses terhadap kultur pop

Belajar bahasa Inggris bisa mempermudah kamu untuk menonton serial atau film Hollywood, maupun tontonan berbahasa Inggris yang lain. Selain itu. mempelajarinya juga akan membuatmu bisa menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Manfaat belajar bahasa Inggris untuk masa depan

1. Membuka lebih banyak kesempatan ke berbagai penjuru dunia

Baik itu untuk belajar maupun bertamasya, akan lebih mudah untuk pergi ke berbagai tempat di dunia jika menguasai bahasa Inggris. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika harus berkomunikasi dengan penduduk lokal yang kamu temui.

2. Bahasa Inggris memberi lebih banyak peluang kerja

Menguasai bahasa Inggris akan mengesankan bahwa kamu telah mengeluarkan banyak upaya dan waktu untuk belajar bahasa tersebut. Apalagi, bahasa Inggris juga dipandang sebagai 'bahasa profesional'.

Memasukkan keahlian berbahasa Inggris ke dalam CV akan memberi nilai lebih dan membuatmu lebih diinginkan oleh para HRD.

3. Menguasai bahasa Inggris akan membukakan peluang ke berbagai acara internasional

Untuk menghadiri acara setingkat internasional, seseorang harus menggunakan bahasa Inggris ketika berbicara. Manfaat lebih jauhnya adalah, hal ini juga memberi peluang jejaring secara global.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa belajar bahasa Inggris sangat diperlukan baik untuk saat ini maupun di masa depan. Siap belajar, detikers?



Simak Video "TWICE Akan Rilis Single Bahasa Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia