Pengumuman PPDB Jabar Tahap 2, Klik di ppdb.disdik.jabarprov.go.id

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 08 Jul 2021 20:01 WIB
Pengumuman PPDB Jabar Tahap 2, Klik di ppdb.disdik.jabarprov.go.id
Foto: Disdik Jabar/Pengumuman PPDB Jabar Tahap 2, Klik di ppdb.disdik.jabarprov.go.id
Jakarta - Pengumuman PPDB Jabar tahap 2 atau Penerimaan Peserta Didik Baru bisa diakses mulai Jumat (9/7/2021). Hasil PPDB untuk para peserta bisa diakses di link ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Cara akses pengumuman PPDB Jabar tahap 2 tentunya sangat mudah. Setelah mengklik link PPDB, peserta bisa memilih satu dari 13 cabang dinas pendidikan (cadisdik) yang tersedia.

Selanjutnya, peserta bisa pilih Hasil Seleksi pengumuman PPDB Jabar tahap 2. Cara lain adalah, peserta bisa klik link pengumuman PPDB Jabar tahap 2 dan masukkan nomor pendaftaran.

Menurut Wakil Koordinator PPDB Jawa Barat (Jabar) Dian Peniasari, PPDB Jabar tahap 2 diperuntukkan bagi peserta yang tidak lolos pendaftaran tahap sebelumnya. PPDB bisa diikuti siswa yang melanjutkan SMA dan SMK.

"Kalau tahap satu tidak lolos, bisa melanjutkan ke tahap kedua, di jalur zonasi untuk SMA dan jalur prestasi nilai rapor bagi SMK. Sementara SLB hanya satu tahap," kata Dian.

Dian menjelaskan tahap pertama dan kedua PPDB Jabar memiliki tahap yang sama. Tahap tersebut adalah pendaftaran, validasi, verifikasi, seleksi, penetapan, dan pengumuman PPDB Jabar tahap 2 di ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Menghadapi pengumuman PPDB Jabar tahap 2, pesan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi bisa diterapkan. Dedi berpesan sekolah negeri dan swasta sama karena kualitasnya yang tidak berbeda.

"Untuk PPDB tahun ini kita menggunakan tagline Sekolah di Mana Saja Sama, baik di swasta atau negeri. Jumlah sekolah swasta mencapai empat ribuan," kata Dedi dikutip dari situs Disdik Jabar.

Menurut Disdik Jabar, sekolah negeri hanya bisa menampung 280.548 siswa. Keikutsertaan sekolah swasta diharapkan bisa menampung jumlah lulusan SMP dan sekolah sederajat lain lebih banyak untuk melanjutkan pendidikan.

Semoga sukses dan selamat melanjutkan pendidikan untuk para peserta PPDB Jabar tahap 2.

Simak Video "Momen Vaksinasi Siswa SMAN 1 Patokbeusi Subang untuk PTM"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia