PPDB DKI Jakarta 2021 Jalur Zonasi SD-SMA, Ini Jadwal dan Kriterianya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 21 Mei 2021 14:30 WIB
SD Negeri 03 Petukangan, Jakarta Selatan, menggelar tes masuk mutasi siswa atau pindah sekolah. tes ini digelar usai seleksi PPDB.
Foto: Grandyos Zafna/PPDB DKI Jakarta 2021 Jalur Zonasi SD-SMA, Ini Jadwal dan Kriterianya
Jakarta - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI 2021 akan dilaksanakan sebentar lagi, tepatnya bulan Juni 2021. Pembukaan PPDB sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan memperoleh pendidikan yang sama setiap warganya.

"Penyelenggaraan PPDB bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan bagi semua warga dari seluruh latar belakang. Dengan begitu, warga bisa memperoleh pendidikan berkualitas di DKI Jakarta," bunyi informasi yang ditulis akun Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang menginformasikan jadwal pelaksanaan PPDB Jakarta 2021.

"Sehingga, diharapkan PPDB ini dapat membentuk sekolah-sekolah negeri dengan variasi peserta didik yang tinggi dan rasa gotong royong untuk maju bersama," tulis unggahan tersebut.

Dalam PPDB DKI Jakarta 2021 terdapat jalur zonasi. Jalur zonasi adalah jalur pendaftaran seleksi penerimaan siswa baru untuk anak yang berdomisili di wilayah zonasi sesuai ketetapan.

Adapun zonasi ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik, dan kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut.

Berikut adalah 3 Prioritas PPDB DKI Jakarta 2021 Jalur Zonasi

1. Rumah Siswa Satu RT dengan Sekolah

Prioritas pertama dalam PPDB jalur zonasi adalah siswa memiliki rumahnya memiliki RT yang sama sesuai dengan sekolah yang dituju. Hal ini dilakukan agar memudahkan para siswa untuk bersekolah dan usulan dari masyarakat.

"Lebih mendekatkan dengan tempat tinggal. Dengan memunculkan zona prioritas satu zona RT, sekolah dengan RT sekitar sekolah," ujar Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah saat dihubungi oleh detikEdu pada Rabu (19/5/2021).

2. Satu RW dengan Sekolah dan Kriteria Usia

Pilihan kedua jalur zonasi sekolah adalah sekolah tersebut satu RW dengan rumah siswa. Jika jalur tersebut kapasitas sekolah masih tidak cukup maka dilanjutkan dengan menggunakan karakter usia.

Sebagai contoh, jika daya tampung PPDB sekolah 100 siswa dan sudah terisi 50 siswa dari zonasi prioritas pertama maka pendaftar zonasi prioritas kedua berjumlah 75, dengan 50 orang siswa menggunakan kriteria usia.

3. Kelurahan yang Tidak Punya Sekolah Negeri

Prioritas ketiga ditujukan untuk kelurahan yang tidak memiliki sekolah negeri. Jika sekolah tidak memiliki sekolah negeri maka siswa dapat dipertimbangkan didaftarkan berdasarkan prioritas ketiga.

Jadwal Pendaftaran PPDB Jakarta 2021 Jalur Zonasi

  • SD

· Pendaftaran-seleksi-pengumuman: 21-23 Juni 2021.

· Lapor diri: 24-25 Juni 2021.

  • SMP-SMA

· Pendaftaran-seleksi-pengumuman: 28-30 Juni 2021.

· Lapor diri: 1-2 Juli 2021.

  • Berikut Alur PPDB DKI Jakarta 2021:

- Mengajukan akun di web https://ppdb.jakarta.go.id

- Aktivasi token

- Memilih sekolah yang dituju

- Proses seleksi

- Pengumuman

- Lapor diri CPBD yang lolos seleksi

Nah, informasih lebih lanjut mengenai PPDB DKI Jakarta 2021 dapat diakses di https://ppdb.jakarta.go.id.



Simak Video "KPAI Terima 224 Pengaduan PPDB 2020, DKI Jakarta Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia