Suasana Uji Coba Belajar Tatap Muka di 4 Sekolah DKI Jakarta Hari Ini

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 07 Apr 2021 15:30 WIB
Hari ini merupakan hari pertama uji coba sekolah tatap muka di DKI Jakarta. Salah satunya di SDN Pondok Kelapa 05 Pagi, Jakarta.
Suasana Belajar Tatap Muka di SDN Pondok Kelapa 05 Pagi (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Pemerintah provinsi DKI Jakarta menetapkan hari ini sebagai hari pertama uji coba belajar tatap muka terbatas. Sebanyak 85 sekolah yang telah melalui proses asesmen menjadi percontohan.

Seperti dikutip dari detikNews, berikut ini suasana 4 sekolah yang mendapat kesempatan untuk dilakukan uji coba belajar tatap muka pertama di ibu kota.

SDN Pondok Kelapa 05 Pagi

Para siswa yang hadir ke sekolah diwajibkan untuk segera mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel memakai sabun yang sudah disediakan pihak sekolah.

Tidak lupa, dilakukan juga pengecekan suhu tubuh para siswa oleh petugas atau guru sebelum memasuki kelas masing-masing.

Adapun kapasitas ruang kelas untuk uji coba berbeda dengan kondisi normal. Kapasitas dibatasi hingga 50% dari kapasitas biasa dengan posisi kursi-kursi yang diatur untuk tetap jaga jarak.

Selesai digunakan, ruangan kelas akan disemprot disinfektan keesokan harinya. Saat berpamitan pun, para siswa beserta guru tidak melakukan kontak fisik, seperti bersalaman tangan.

SDN Cipete Utara 15

Tidak jauh berbeda dengan SDN Pondok Kelapa 05 Pagi, SDN Cipete Utara 15 juga dimulai dengan pengukuran suhu tubuh di depan gerbang sekolah.

Uji coba ini dihadiri oleh siswa kelas V berjumlah 71 siswa dari total 192 siswa kelas 4-5. Belajar tatap muka dilakukan selama 2 jam dan terbagi menjadi dua sesi.

"Sesi 1 dari jam 07.00 sampai 09.00, sesi 2 dari jam 09.30-11.30," jelas Kepala Sekolah SDN Cipete Utara 15, Tri Cahyadi.

Area sekolah terpantau sepi, tidak ada siswa yang berkerumun dan para pedagang pun tidak terlihat. Bahkan para orang tua hanya diperkenankan untuk mengantar dan menjemput siswa hanya sampai gerbang sekolah.

SMK Negeri 15 Jakarta

Tiap kelas di SMK 15 Jakarta dibagi menjadi 2 selama masa uji coba belajar tatap muka.

Protokol kesehatan tampak diterapkan di tiap kelas. Mulai dari tersedianya hand sanitizer di pintu masuk kelas, tempat duduk para siswa di beri jarak 1 meja kosong, hingga para guru yang mengajar menggunakan face shield dan masker.

Humas SMK 15 Jakarta pun mengaku sekolah siap memberi perawatan bagi siswa yang sakit di UKS, serta yang memiliki gejala COVID-19 akan segera diisolasi.

SMK Negeri 6 Jakarta

Seperti sekolah lainnya, siswa SMKN 6 Jakarta pun dilakukan pengecekan suhu tubuh serta diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum mengikuti proses pembelajaran.

Jumlah siswa yang ikut serta dalam uji coba ini sebanyak 9 siswa dari total 36 siswa. Pembelajaran dimulai dari pukul 07.30 hingga pukul 10.30 WIB.

Guru di SMKN 6 Jakarta pun diwajibkan untuk melakukan swab tes. Sekolah pun sudah menyiapkan ruang observasi bagi siswa dengan suhu di atas 37 derajat di Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Selain itu, terlihat satgas COVID-19 di sekeliling sekolah.

"Satgas ada 12 orang. Tugasnya kita menerapkan protokol kesehatan, mengatur biar nggak ada kerumunan," ujar Ilham, salah satu guru sekolah yang disiagakan.

Uji coba belajar tatap muka ini akan dilakukan mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia