USU Tambah Deretan Kampus Terakreditasi Unggul dari BAN-PT

USU Tambah Deretan Kampus Terakreditasi Unggul dari BAN-PT

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 29 Sep 2022 14:30 WIB
Kampus USU
USU dapat akreditasi Unggul BAN-PT. Foto: Dokumentasi USU
Jakarta -

Universitas Sumatera Utara (USU) raih akreditasi Unggul dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Ketetapan ini tertuang melalui sertifikat BAN-PT No. 1517/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022 dan berlaku mulai 27 September 2022 sampai 27 Februari 2023.

Menurut Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang didapat perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria BAN-PT. Dia berharap prestasi tersebut dapat memicu semangat seluruh sivitas akademika, supaya tetap memberikan yang terbaik bagi kampus.

"Alhamdulillah berkat kolaborasi di setiap unit kerja mulai dari level program studi sampai universitas kita berhasil memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan sehingga berhasil meraih akreditasi Unggul," ungkapnya mensyukuri (28/9/2022), dikutip dari laman kampus.

Sebagai catatan, perguruan tinggi atau program studi yang memperoleh predikat akreditasi Unggul merupakan yang memiliki prestasi sangat baik, mendapat skor lebih dari 361, dan memenuhi syarat perlu peringkat Unggul.

Ada sejumlah syarat supaya bisa memperoleh akreditasi Unggul, di antaranya memiliki bukti sahih soal praktik baik pengembangan budaya meneliti, adanya perolehan status akreditasi prodi, terdapat efektivitas pelaksanaan, serta pertimbangan jumlah publikasi jurnal dalam tiga tahun terakhir.

Rektor USU juga menambahkan, akreditasi saat ini dipantau dengan rutin setiap bulannya melalui Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDikti). Oleh sebab itu, dia mengingatkan agar pihaknya terus semangat dalam melaksanakan berbagai tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perolehan ini pun dikatakan karena sumbangsih semua unit kerja di USU, baik Anggota Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik (SA), dosen, mahasiswa, alumni, juga para mitra kampus.

"Masih diperlukan kerja yang fokus dan konsisten agar kita semua bisa memproduksi karya inovasi masing-masing untuk mencapai perbaikan USU menuju 500 QS WUR," ucap Rektor USU.

Dia turut berterima kasih atas perolehan akreditas USU dan berharap agar para pihak terkait bisa terus bekerja dengan suasana yang nyaman dan damai, agar tetap produktif.



Simak Video "Terbitkan Ijazah Tanpa Kuliah, Akreditasi Perguruan Tinggi di Surabaya Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia