Unpad Bareng Binus Bakal Punya S2 Joint Degree, Begini Kata Para Rektor

Unpad Bareng Binus Bakal Punya S2 Joint Degree, Begini Kata Para Rektor

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 27 Sep 2022 13:00 WIB
Unpad dan Binus jalin kerja sama S2 joint degree
Foto: Universitas Padjadjaran/Unpad dan Binus jalin kerja sama S2 joint degree
Jakarta -

Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Bina Nusantara (Binus University) merencanakan kerja sama program magister joint degree/double degree. Rektor kedua belah pihak, Prof. Rina Indiastuti dari Unpad dan Prof. Hardjanto Prabowo dari Binus University telah menandatangani nota kesepahaman pada Sabtu (24/9/2022) di Auditorium Gedung Binus Kampus Anggrek, Jakarta.

Pelaksanaan model pendidikan dan riset dalam bentuk gelar ganda ini diharapkan menjadi kontribusi kedua kampus tersebut dalam menjawab tantangan bangsa.

Prof. Rina mengatakan, kolaborasi antara kampusnya dengan Binus diselenggarakan sebagai sinergi yang baik perguruan tinggi negeri dan swasta. Kerja sama ini merupakan wahana berbagi sumber daya, pengalaman, sampai visi misi antarkampus.

"Unpad di usianya yang ke-65 tahun dirasakan terus menerus mengakumulasikan iptek serta riset dan pengembangan, sehingga kami harus sudah membuka diri atas akumulasi pengetahuan tersebut," ungkapnya, dikutip dari laman Unpad.

Dia menambahkan, kedua perguruan tinggi tersebut punya beberapa kesamaan dalam hal menjawab tantangan permasalahan bangsa. Oleh sebab itu, persamaan-persamaan tersebut dapat diperkokoh dengan kolaborasi supaya manfaat yang dihasilkan juga lebih besar.

Tujuan Kerja Sama Magister Joint Degree

Prof. Rina menyampaikan, program double degree ini dilaksanakan guna memperkuat penyelenggaraan layanan pendidikan hybrid di Unpad. Model pendidikan ini diharapkan bisa menjangkau peserta yang lebih luas dengan pengayaan konten pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan dan kompetensi mumpuni.

"Melalui program ini, Dosen Unpad dan Binus, termasuk mahasiswa dan mitra strategisnya, akan coba lakukan sharing sehingga bisa menjalankan pendidikan secara fleksibel tetapi tetap terstruktur dan bertarget," jelas Rektor Unpad.

Kerja sama tersebut turut dilakukan untuk mematahkan anggapan adanya ketimpangan antara kampus negeri dan swasta. Prof. Rina mengatakan, kolaborasi ini menjadi inovasi untuk menghasilkan pemahaman antara kedua institusi yang sejauh ini dipersepsikan di pasar berbeda, menjadi sama.

Rektor Binus Prof. Hardjanto juga mengapresiasi inisiasi Unpad untuk bersinergi dengan pihaknya. Kerja sama ini memperlihatkan bahwa sesama perguruan tinggi nasional, ada semangat bersama dalam menawarkan layanan pendidikan yang lebih baik.

"Dalam waktu dekat akan diluncurkan kerja sama joint degree dan akan berlanjut ke arah kerja sama riset dan faculty member," tegas Prof. Hardjanto.



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia