Profil UII, Perguruan Tinggi Terbaik ke-3 di Jogja Versi UniRank 2022

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 22 Sep 2022 20:30 WIB
UII berhasil masuk top 10 universitas Islam terbaik di dunia dan top 3 kampus terbaik di Jogja
Foto: Doc. UII/Kampus UII
Jakarta -

Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang dirilis UniRank 2022. Bahkan UII berhasil masuk peringkat 3 besar di Yogyakarta dan peringkat 21 secara nasional.

Mengutip laman resmi kampus, UII pada awalnya bernama Sekolah Tinggi Islam (STI). Kampus ini didirikan di Jakarta pada 8 Juli 1945 oleh beberapa tokoh nasional.

Seperti Dr. Mohammad Hatta, KH. Abdulkahar Muzakkir, Moh. Roem, KH. A. Wahid Hasyim,KH. Mas Mansyur, Moh. Natsir serta tokoh lainnya.


Sejarah Kampus UII sebagai Pendidikan Tinggi

STI saat itu menjadi pendidikan tinggi nasional pertama di Indonesia yang kemudian berubah status menjadi universitas.

Kemudian memakai nama resmi menjadi Universitas Islam Indonesia pada 3 November 1947 sebagai respon keinginan dan kebutuhan untuk mengintegrasikan antara pengetahuan dan akhlak.

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. mengatakan, sebagai pionir pendidikan tinggi di Indonesia, UII memiliki akar yang kuat dalam tradisi kebebasan akademik, di mana keberagaman pemikiran mendapatkan ruang apresiasi yang tinggi.

"Dengan lingkungan pembelajaran yang penuh semangat dan potensi dalam inovasi, kami berkomitmen dalam mendidik mahasiswa kami menjadi pemimpin global yang inovatif," ucapnya dikutip dari laman resmi UII.

"Kami juga terus aktif menjalin berbagai program kolaborasi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah islamiyah. Jejaring kemitraan global UII telah membuka ruang kesempatan yang luas untuk mewujudkan berbagai gagasan, aksi, dan kontribusi yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas," tambah Rektor UII.

Punya 8 Fakultas dan Program Pendidikan D3-S3

Pada tahun akademik 2022/2023, UII memiliki 8 (delapan) Fakultas, dengan 4 (empat) program Diploma Tiga, 25 (dua puluh lima) program Sarjana, 3 (tiga) program Profesi, 13 (tiga belas) program Magister dan 5 (empat) program Doktor.


Adapun 8 fakultas UII antara lain:

1. Fakultas Bisnis dan Ekonomika

2. Fakultas Kedokteran

3. Fakultas Teknologi Industri

4. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

5. Fakultas Hukum

6. Fakultas Ilmu Agama Islam

7. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Akreditasi Unggul dan A dari BAN-PT

Hingga saat ini, kampus yang berada di Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta ini telah terakreditasi institusi Unggul.

Sebagian besar dari program studi juga telah mendapat akreditasi Unggul dan A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Total UII telah memiliki jumlah mahasiswa aktif lebih dari 23.000 mahasiswa dan telah memiliki lebih dari 107.551 alumni hingga tahun 2020.


Masuk Top 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia

Selain akreditasi unggul BAN-PT, UII sebagai perguruan tinggi juga masuk dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2022.

UII berhasil masuk top 10 universitas Islam terbaik di dunia dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk 10 besar kategori tersebut.

Di peringkat universitas Islam terbaik dunia, UII bersanding dengan Cairo University Mesir, Universiti Islam Antarabangsa Malaysia, Shahid Beheshti University of Medical Sciences Iran hingga Umm Al-Qura University, Saudi Arabia.

Sementara itu, untuk peringkat kampus terbaik di Jogja versi UniRank 2022 ini, UII menempati peringkat 3 besar. Bersanding dengan UGM di peringkat pertama dan UNY di peringkat kedua. Berikut ini untuk daftar selengkapnya.


10 Universitas Terbaik di Jogja Versi UniRank 2022

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

8. Universitas Sanata Dharma (USD)

9. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY)

Nah, itulah profil kampus UII mulai dari sejarah, program pendidikan, hingga prestasi di lembaga Internasional. Apakah detikers ingin masuk UII? Cek info selengkapnya hanya di www.uii.ac.id.



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia