7 Universitas Terbaik Australia versi QS WUR 2023, Monash Nomor Berapa?

7 Universitas Terbaik Australia versi QS WUR 2023, Monash Nomor Berapa?

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 20 Sep 2022 10:30 WIB
University of NSW Kensington has received threats against staff and students.
University of New South Wales (UNSW), salah satu universitas terbaik Australia. (Foto: Internet/news.com.au)
Jakarta -

Australia adalah salah satu negara yang kerap menjadi incaran pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Tidak mengherankan, sebab beberapa kampus di Australia termasuk dalam universitas terbaik dunia.

Menurut data tahun 2022, sebagaimana dilansir dari laman Kemendikbudristek, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Canberra Mukhamad Najib menyebut ada sekitar 11 ribu mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Jika kamu tertarik menempuh pendidikan tinggi di Australia, bisa melihat pilihan universitas terbaik Australia menurut Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) tahun 2023.

Peringkat tersebut menunjukkan daftar universitas terbaik di Australia pada tahun 2023 berdasarkan reputasi akademik, penelitian, sampai kemudahan mendapat pekerjaan.

Apa saja universitas terbaik di Australia menurut QS WUR 2023? Ini daftarnya melansir dari situs resminya, Selasa (20/9/2022).

7 Universitas Terbaik Australia versi QS WUR 2023

1. Australian National University (ANU)

Dibangun sejak 1946, Australian National University (ANU) menempati posisi pertama universitas terbaik di Negeri Kanguru itu. ANU menyediakan program sarjana dan pascasarjana dengan kemudahan untuk mengambil double degree.

ANU berlokasi di pusat Australia yaitu ibu kota Canberra. Kini ANU memiliki lebih dari 3.000 akademisi dan termasuk dalam The Group of Eight, sebuah komunitas prestise dari universitas peneliti.

2. University of Melbourne

University of Melbourne berdiri sejak 1853. Awalnya kampus ini hanyalah bangunan di tengah kota dengan empat profesor dan 16 mahasiswa. KIni University of Melbourne telah berkembang dan menempati ranking 2 terbaik di Australia.

University of Melbourne memiliki lebih dari 65.000 mahasiswa dengan 30.000 mahasiswa internasional dari 130 negara di dunia. Kampus ini memiliki alumnus terkemuka dengan empat perdana menteri Australia.

3. University of Sydney

Berada di posisi 3 Australia, University of Sydney juga menempati posisi 4 di dunia dengan alumnus tertinggi mendapat pekerjaan. Universitas ini juga secara konsisten berada di top 50 universitas terbaik dunia.

Kurikulum yang variatif, fasilitas mumpuni, dan pembelajaran yang ciamik, mahasiswa bisa mempelajari berbagai kompetensi sesuai minatnya. Tercatat ada 400 area studi yang bisa mahasiswa pilih di University of Sydney.

4. University of New South Wales (UNSW)

University of New South Wales (UNSW) menempati ranking 4 universitas terbaik Australia. Memiliki 64.000 mahasiswa dari 130 negara, lulusannya berkarir di berbagai belahan dunia.

Dengan komunitas akademisi berjumlah 8.000 orang, UNSW memiliki kepakaran riset di bidang tenaga solar, material berkelanjutan, dan komputerisasi kuantum.

5. The University of Queensland (UQ)

The University of Queensland (UQ) adalah universitas terbaik lainnya yang unggul dalam pengajaran. Universitas ini diketahui telah memenangkan banyak penghargaan dalam area pengajaran di tingkat nasional.

UQ juga kuat dalam bidang riset dan pascasarjana dengan lebih dari 15.800 mahasiswa jenjang doktoral. Area penelitian di bidang ilmu sosial dan teknik membuat UQ menjadi universitas dengan penerima penghargaan penelitian terbanyak di Australia, total ada 452 penghargaan!

6. Monash University

Monash University adalah universitas terbesar di Australia. Menempati ranking top 100 dunia dan termasuk dalam the Group of Eight, bersama dengan Australia National University.

Berfokus global, Monash University telah membuka kampus cabang di 4 negara lain, salah satunya berada di Indonesia. Monash juga bekerja sama dengan 100 institusi pendidikan tinggi di dunia. Jadi jika kamu menempuh pendidikan di Monash, kamu bisa menyelesaikan pendidikan di universitas mitra di Italia.

7. The University of Western Australia (UWA)

Terakhir, universitas terbaik Australia adalah The University of Western Australia (UWA). Berbeda dengan universitas sebelumnya, UWA terletak dekat sungai Swan di Perth dan bersebelahan dengan taman terkenal Perth, Kings Park.

UWA juga universitas yang berfokus di bidang riset. Termasuk dalam the Group of Eight bersama Australia National University dan Monash University, UWA tergabung dalam komunitas universitas riset internasional yaitu Student experience the Worldwide Universities Network dan the Matariki Network of Universities.

Itulah tujuh universitas terbaik di Australia versi QS WUR 2023 yang semuanya masuk dalam top 100 dunia. Ada incaranmu, detikers?



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia