Gelar Expadtriats, Unpad Hadirkan Kebudayaan dari 17 Negara

Gelar Expadtriats, Unpad Hadirkan Kebudayaan dari 17 Negara

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 08 Sep 2022 16:00 WIB
Unpad Hadirkan Kebudayaan dari 17 Negara
Suasana acara Expadtriats di Unpad Foto: Humas Unpad
Jakarta -

Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar acara seru di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (8/9). Dalam acara ini, civitas akademika bisa merasakan sensasi keliling dunia.

Sebuah acara menarik tengah digelar di Unpad. Acara bertajuk International Day 2022: Expanding Unpad Through International Insight, Art, and Science (Expadtriats) ini menghadirkan beragam kegiatan seru yang bisa diikuti mahasiswa hingga dosen di Unpad.

Dilansir dari laman resmi Unpad (8/9), acara International Day 2022 ini melibatkan mahasiswa internasional Unpad dari 17 negara. Suasana seru dan meriah pun menyelimuti area Bale Sawala dan Selasar lantai 1 Gedung Rektorat Unpad.

Sejumlah mahasiswa internasional ini menunjukkan kebudayaan dari negara asalnya. Pengunjung bisa belajar sekaligus mengenal budaya dari 17 negara di dunia.

Bukan hanya menampilkan budaya berupa pakaian tradisional saja, para pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner yang sengaja dihadirkan untuk acara ini. Sambil icip-icip, para mahasiswa internasional ini akan dengan senang hati memperkenalkan makanan khas asal negaranya.

Kepala Kantor Internasional Ronny, dr., M.Kes., AIFO, PhD. mengatakan acara ini diikuti mahasiswa internasional dari 17 negara. "Hari ini ada 17 negara bersama kita untuk memeriahkan International Day," kata Ronny.

Sebagai pusat informasi

Unpad Hadirkan Kebudayaan dari 17 NegaraUnpad Hadirkan Kebudayaan dari 17 Negara Foto: Humas Unpad

Ronny menyampaikan, melalui acara ini para mahasiswa internasional mengajak saling mengenal kebudayaan termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mahasiswa internasional pun diharapkan lebih mengenal kebudayaan Indonesia.

Setiap mahasiswa internasional ini diberi fasilitas stan sesuai negaranya. Di sini para mahasiswa internasional bisa berbagi segala informasi, termasuk informasi terkait pendidikan, beasiswa dan program internasional di berbagai negara.

Lebih lanjut, Ronny mengatakan bahwa Unpad adalah rumah bagi setiap mahasiswa internasional. Untuk itu, mahasiswa internasional merupakan bagian dari keluarga besar Unpad. Diharapkan para mahasiswa tersebut dapat merasakan kenyamanan di Unpad.

Harapan dari acara Expadtriats

Acara Expadtriats ini terbukti berhasil menarik atensi para mahasiswa dan dosen di Unpad. Ajang mengenal budaya dari berbagai negara ini diharapkan bisa menjadi kegiatan yang berkesan bagi para mahasiswa internasional.

Acara Expadtriats dibuka secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, M.T. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa domestik dan internasional ini menunjukkan bahwa tidak ada batas antara para mahasiswa tersebut.

"Kita adalah satu keluarga besar Unpad," kata Dr. Boy.

Lebih lanjut, Dr. Boy juga berharap agar acara ini dapat dikenang dengan baik oleh para mahasiswa, terutama mahasiswa internasional. Dengan saling mengapresiasi budaya, diharapkan mahasiswa internasional ini bisa menjadi duta Unpad dan juga Indonesia.

"Saya bangga Unpad dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa internasional. Saya harap ke depannya akan lebih banyak lagi mahasiswa internasional yang memilih Unpad," lanjutnya.

Acara International Day ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Unpad. Tahun 2022 ini menjadi tahun pertama digelarnya Expadtriats secara luring setelah dua tahun sebelumnya digelar online karena alasan pandemi COVID-19.



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia