UGM Buka 280 Lowongan untuk Dosen Tetap, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

UGM Buka 280 Lowongan untuk Dosen Tetap, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

Devi Setya - detikEdu
Senin, 05 Sep 2022 12:35 WIB
Universitas Gadjah Mada UGM
Suasana kampus UGM Foto: Getty Images/Harry Allan Papendang
Jakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka kesempatan untuk siapapun yang ingin bergabung sebagai dosen tetap. Lowongan ini terbuka bagi lulusan S2 dan S3.

Pendaftaran untuk posisi dosen tetap UGM ini dibuka mulai 2 September hingga 1 Oktober 2022. Adapun formasi dosen yang dibutuhkan yakni 280 dari 19 fakultas dan vokasi.

Dilansir dari laman resmi UGM, Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Universitas Gadjah Mada Tahun 2022 dapat dilakukan secara online melalui rekrutmen.sdm.ugm.ac.id.

Proses seleksi ini melibatkan beberapa persyaratan yang terbagi menjadi dua yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus. Bagi calon pelamar yang memenuhi persyaratan bisa langsung melakukan pendaftaran.

Syarat Dosen UGM

I. Persyaratan umum

1. Berkewarganegaraan Indonesia atau warga negara asing yang memenuhi persyaratan perundang-undangan.

2. Ijazah terakhir berasal dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri terakreditasi A/Unggul atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

3. Sehat jasmani dan rohani.

4. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (surat keterangan diserahkan apabila sudah dinyatakan diterima).

5. Tidak pernah melakukan tindak pidana.

6. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat.

7. Bersedia menjalani ikatan dinas di Universitas Gadjah Mada dan tidak mengundurkan diri selama 5 (lima) tahun terhitung mulai tanggal diangkat sebagai Calon Dosen Tetap.

8. Tidak memiliki hubungan keluarga (Istri, Suami, Anak, Adik, Kakak, Menantu) dengan Dosen dan/atau Tenaga Kependidikan dalam satu Departemen atau Program Studi yang dilamar.

9. Mendapat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang terdiri dari: Dosen dari tempat menempuh pendidikan dan/atau atasan tempat bekerja.

10. Satu peserta hanya dapat mendaftar pada satu formasi.

11. Persyaratan umum berubah jika diatur khusus dalam persyaratan tambahan.

II. Persyaratan khusus untuk kualifikasi Pendidikan Magister/Spesialis 1

1. Berusia maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2022 untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan Magister/Spesialis 1.

2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.50 (skala nilai 0-4) khusus lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

3. Memiliki skor TOEFL resmi ETS dengan nilai minimal 500 (PBT), 173 (CBT), 61 (IBT), atau IELTS minimal 6, atau AcEPT minimal 268; atau memiliki kemampuan bahasa asing yang linier dengan kebutuhan program studi dan termasuk dalam bahasa resmi Persatuan Bangsa Bangsa yang setara dengan skor TOEFL 500 (PBT) yang masih berlaku pada saat pendaftaran. Bagi lulusan perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar tidak dipersyaratkan TOEFL (melampirkan surat keterangan).

4. Memiliki nilai Tes Potensi Akademik yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku pada saat pendaftaran:

a. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) yang diselenggarakan oleh UGM dengan skor minimal 550.

b. Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) yang diselenggarakan oleh Unpad, UI, Unair, BAPPENAS, atau PLTI (HIMPSI) dengan skor minimal 550.

c. Graduate Record Examination (GRE)/ Graduate Management Admission Test (GMAT)/ Scholastic Assessment Test (SAT)/ Cognitive Abilities Test (CogAT)/ Law School Admission Test (LSAT) dengan skor minimal setara dengan skor PAPs/TKDA 550.

5. Persyaratan nomor 3 dan 4 dikecualikan bagi pendaftar yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) atau sedang menempuh program doktoral yang relevan dengan formasi yang dilamar

6. Membuat surat pernyataan kesanggupan apabila diterima dan diangkat menjadi Dosen Tetap UGM segera melanjutkan studi Doktor/Spesialis 2 maksimal 3 (tiga) tahun sejak diangkat menjadi Dosen Tetap.

III. Persyaratan Khusus untuk Kualifikasi Pendidikan Doktor/ Spesialis 2

1. Berusia maksimal 50 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2022 untuk pelamar dengan kualifikasi Pendidikan Doktor/Spesialis 2.

2. Pelamar yang sedang menempuh program S3 tanpa melalui S2 (tidak memiliki ijazah S2) dapat mengikuti proses seleksi dengan ketentuan jika dinyatakan lulus seleksi, baru bisa diangkat menjadi Dosen Tetap setelah lulus S3 maksimal 3 (tiga) tahun terhitung sejak dinyatakan lulus seleksi.

Cara Pendaftaran Dosen UGM

1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sistem informasi di laman https://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id/ sistem dibuka pada tanggal 2 September 2022 pukul 16.00 WIB dan ditutup pada tanggal 1 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB

2. Melengkapi dan mengunggah file dengan format pdf dan jpg/jpeg (khusus untuk pas foto) melalui link http://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id/ dokumen berikut ini:

- Surat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada

- Identitas diri (KTP atau Paspor).

- Pas foto berwarna dengan ketentuan menghadap ke depan, wajah terlihat jelas, berpakaian formal, latar belakang warna putih.

- Ijazah asli S1, S2, dan/atau S3. Bagi pelamar yang tinggal menunggu wisuda, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL).

- Transkrip asli S1, S2, dan/atau S3 (bila ada). Bagi pelamar yang tinggal menunggu wisuda, dapat menggunakan transkrip sementara.

- Surat Keterangan sedang menempuh S3 dari pejabat yang berwenang, bagi pelamar yang sedang menempuh S3 tanpa melalui S2 (tidak memiliki ijazah S2)

- Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, SK Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau bukti telah mengajukan penyetaraan ijazah ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan/atau bukti lain yang menunjukkan kualitas institusi pendidikan tinggi dimaksud (Akreditasi Internasional atau Ranking).

- Bukti akreditasi Perguruan Tinggi (bagi Perguruan Tinggi Dalam Negeri) pada tahun kelulusan.

- Daftar Riwayat Hidup.

- Sertifikat TOEFL/IELTS/AcEPT asli yang masih berlaku.

- Sertifikat TPA/PAPs/GRE/GMAT/SAT/CogAT/LSAT asli yang masih berlaku

- Letter of Acceptance (LoA) atau surat keterangan sedang menempuh S3 (jika ada);

- Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang masih berlaku dari dokter di Rumah Sakit

- Surat pernyataan di atas meterai, terdiri dari:

a. Tidak pernah melakukan tindakan pidana yang diancam dengan hukuman penjara
dan atau tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat.

b. Bersedia menjalani ikatan dinas di Universitas Gadjah Mada dan tidak mengundurkan diri selama 5 (lima) tahun terhitung mulai tanggal diangkat sebagai Calon Dosen Tetap.

c. Tidak memiliki hubungan keluarga (Istri, Suami, Anak, Adik, Kakak, Menantu) dengan Dosen dan atau Tenaga Kependidikan dalam satu Departemen atau Program
Studi yang dilamar.

d. Bertanggung jawab atas keaslian dokumen yang dipersyaratkan.

e. Bersedia mengikuti ketentuan proses seleksi penerimaan di Universitas Gadjah Mada.

- Surat pernyataan di atas meterai bagi pelamar kualifikasi pendidikan S2, apabila diterima dan diangkat menjadi Dosen Tetap UGM maksimal setelah 3 (tiga) tahun sejak pengangkatan sudah harus melanjutkan studi S3.

- Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang terdiri dari: Dosen dari tempat menempuh pendidikan dan/atau atasan tempat bekerja dengan mencantumkan instansi dan kontak yang bisa dihubungi.

- Dokumen tambahan sesuai persyaratan pada formasi yang dilamar.

Lowongan dosen UGM ini dibuka mulai 2 September hingga 1 Oktober 2022. Setiap pelamar nantinya akan mengikuti proses seleksi dan ujian untuk menentukan kandidat yang lolos menjadi calon dosen tetap UGM.



Simak Video "UGM Jelaskan Keaslian Ijazah Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia