Politeknik STAN di Tangerang Punya Gedung Baru Senilai Rp 189 M

Atta Kharisma - detikEdu
Kamis, 18 Agu 2022 20:17 WIB
Gedung Politeknik Keuangan Negara STAN Tangerang
Foto: dok. Hutama Karya
Jakarta -

Gedung Pendidikan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan rampung dibangun oleh PT Hutama Karya pada akhir Juli 2022. Bangunan itu bertajuk Gedung Nusantara.

Sementara itu peresmian bangunan dilakukan secara langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani pada Jumat (29/07) lalu. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto dan Kepala Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan Politeknik Keuangan Negara STAN Hutama Karya M Mukti Deviansyah.

Sri Mulyani menyampaikan Gedung Nusantara dipersiapkan sebagai bangunan perkuliahan baru di PKN STAN.

"Semoga dengan dukungan fasilitas pembelajaran yang semakin baik, dapat mendukung transformasi karakter insan di dalamnya dan menjadi role model institusi pengelola keuangan negara yang amanah dan berintegritas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Sementara itu, Direktur Operasi II Hutama Karya Ferry Febrianto menjelaskan peresmian Gedung Pendidikan Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu agenda dalam rangkaian acara Dies Natalis PKN STAN VII tahun 2022.

Ia menambahkan konstruksi Gedung PKN STAN ini telah digarap tepat waktu selama 540 hari kalender yang akan dilanjutkan dengan masa pemeliharaan selama 180 hari oleh Hutama Karya.

"Dalam proyek senilai Rp 189 miliar ini, kami menggarap beberapa konstruksi bangunan mulai dari pengerjaan gedung utama, infrastruktur pendukung hingga sistem kelistrikan dan pemipaannya. Dalam pengerjaan proyek, Hutama Karya menerapkan teknologi Building Information Modelling (BIM) mulai dari 3D modelling, clash detection, scheduling, hingga perhitungan volume sehingga dapat berdampak pada efektivitas waktu pengerjaan, biaya, hingga metode kerja," paparnya.

Lebih lanjut Ferry menuturkan gedung ini akan digunakan dalam kegiatan pendidikan di PKN STAN Bintaro, Tangerang Selatan. Gedung yang terdiri dari 8 lantai dan 1 lantai mezzanine ini dapat menampung hingga 2.520 orang.

Selain itu, proyek PKN STAN menggunakan Project Monitoring Dashboard untuk memudahkan manajemen dalam mengelola progres pembangunan. Camera 360 yang ada pada gedung ini dapat digunakan untuk scanning progres konstruksi secara berkala sekaligus memudahkan stakeholder untuk mengontrol proses konstruksi secara online dan remote di kala pandemi COVID-19.

Ferry menyebut proyek PKN STAN mendapat pengakuan di kancah internasional melalui kompetisi Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021 dan berhasil meraih Alliance award dan Top Entry in Country atas capaiannya dalam penggunaan BIM pada pembangunan Gedung PKN STAN.

Tak hanya itu, proyek ini juga dirancang sebagai bangunan yang ramah lingkungan dan tersertifikasi Green Building EDGE oleh Green Building Council Indonesia (GBCI). Dari sisi desain, Gedung Nusantara terdapat logo Garuda Indonesia dalam proyek ini yang sekaligus menjadi lambang ikonik dari gedung ini.

"Semoga hadirnya gedung pendidikan STAN ini dapat mengakselerasi fasilitas pendidikan di Indonesia dan memperkaya portofolio perusahaan di bidang bangunan Gedung," pungkas Ferry.



Simak Video "Wujud Nyata Pembangunan Masa Depan, Jalan Tol Trans Sumatera"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia