UI dan UGM Jadi Kampus Terbaik Versi QS WUR, SIR, Webometrics & UniRank 2022

Kristina - detikEdu
Sabtu, 13 Agu 2022 08:00 WIB
Kampus UI Depok
Kampus UI Depok. Foto dok UI
Jakarta -

Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) secara bergantian menempati posisi pertama sebagai kampus terbaik Indonesia. Keduanya unggul dalam pemeringkatan versi QS WUR, SIR, Webometrics, dan UniRank 2022.

Keempat lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia tersebut merilis daftar kampus terbaik secara berkala. QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Rankings) merilis universitas top dunia 2022 pada 8 Juni 2021, sedangkan untuk 2023 dirilis pada 8 Juni 2022.

Hasilnya, UGM menempati posisi pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022 dan disusul UI pada posisi kedua. Masing-masing menempati peringkat 254 dan 290 dunia.

Pada QS WUR 2023, UGM masih konsisten duduk di peringkat pertama dan membesut ranking 231 dunia. Sementara itu, UI merosot ke peringkat ketiga dan menempati posisi 248 dunia. Posisi kedua kali ini diisi oleh Institut Teknologi Bandung dengan urutan 235 dunia.

Selanjutnya, SIR (Scimago Institutions Rankings) juga merilis daftar kampus terbaik 2022. SIR melakukan klasifikasi perguruan tinggi dan riset berdasarkan kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial yang diukur dari visibilitas website perguruan tinggi yang bersangkutan.

Hasilnya, UI menempati posisi teratas dan disusul UGM di posisi kedua. Masing-masing duduk di peringkat 534 dan 586 dunia dengan kategori riset Q1.

Kedua kampus tersebut juga masih konsisten menduduki posisi pertama dan kedua dalam pemeringkatan yang dilakukan Webometrics, sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang diinisiasi oleh Cybermetrics Lab yang berbasis di Spanyol.

Pada tahun ini, Webometrics telah merilis hasil pemeringkatan sebanyak dua kali. Periode pertama pada Januari dan periode kedua pada Juli.

Hasilnya UI dan UGM masing-masing berada di peringkat pertama dan kedua pada periode Januari maupun Juli 2022. Pada periode Januari, UI menempati peringkat 649 dunia dan UGM di posisi 859 dunia.

Sementara itu, pada periode Juli, keduanya naik peringkat di tingkat dunia. UI menempati peringkat 603 dan UGM menempati peringkat 696.

Kini giliran 4 International College and Universities (4ICU) UniRank yang merilis daftar kampus terbaik Indonesia 2022. Lembaga yang berbasis di Sydney, Australia ini melakukan penilaian menggunakan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen.

Di antaranya Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow.

Sama seperti Webometrics, lembaga ini merilis hasil pemeringkatan dalam dua edisi. Pada edisi Juli, UI masih menjadi kampus terbaik pertama yang kemudian dibuntuti UGM pada posisi kedua.



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia