Intip Kunci Rahasia dalam Persiapan Karier ala DPPKA Unair

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 12:30 WIB
Ilustrasi wisuda
Foto: iStock/nirat/Intip Kunci Rahasia dalam Persiapan Karier ala DPPKA Unair
Jakarta -

Persiapan karier bagi mahasiswa semester akhir tentu menjadi hal penting. Pasalnya, untuk terjun ke dunia karier perlu menyiapkan beberapa hal seperti pemahaman diri, kecakapan atau skill, hingga penulisan Curriculum Vitae (CV).

Tujuan dari persiapan ini tak lain agar mahasiswa bisa memiliki kematangan untuk berkarier meski baru lulus dan menjadi fresh graduate.

Berkaitan dengan hal itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair) menggelar kegiatan dan pembekalan calon wisudawan pada Rabu lalu (10/8).

Pada acara tersebut, Rizky Amalia S.H., M.H., Kase Alumni Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPPKA) Unair memaparkan 3 hal yang harus dipersiapkan oleh fresh graduate untuk terjun ke dunia kerja.

"Jika memilih bekerja harus memiliki mental yang sangat kuat dan juga persiapan untuk berkompetisi sama lulusan yang lain, tidak hanya lulusan FISIP tetapi juga dengan para lulusan di prodi lainnya," ucapnya dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (12/8/2022).

3 Hal Penting dalam Persiapan Karier

Rizky memaparkan 3 hal penting yang wajib diketahui oleh mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja, antara lain:

1. Mahasiswa atau fresh graduate harus siap bersaing dengan job seekers lain

2. Selalu aktif mencari lowongan pekerjaan di berbagai sumber informasi.

3. Siap menghadapi proses rekrutmen mulai dari seleksi CV, tes tulis, wawancara, dan lainnya.

Selain itu, Rizky juga juga menjelaskan terkait perbedaan dan penulisan penulisan CV kreatif dan CV ATS yang harus dimiliki para fresh graduate sebagai modal awal mencari pekerjaan di ranah profesional.

Rizky mengimbau pada lulusan untuk mulai membuat akun-akun pencari kerja, contohnya seperti LinkedIn yang banyak digunakan dalam proses rekrutmen.

"Kunci lolos dalam seleksi yang utama yakni CV yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Gunakan CV sesuai yang diminta," tuturnya.

Tak sampai disitu, Rizky juga menjelaskan beberapa program di DPKKA Unair dalam menunjang karir maupun pelatihan karier untuk para alumni yang membutuhkan bantuan serta pendampingan.

Program-program tersebut diberikan DPKKA Unair sebagai wadah dan kegiatan agar para lulusan siap terjun di dunia kerja maupun bidang wirausaha dengan lebih baik dan matang.



Simak Video "Tips dan Trik Tentukan Gaji Untuk Fresh Graduate"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia