UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah, Cek Syarat dan Ketentuannya

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 11:30 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM).
Foto: dok. UGM/UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah, Cek Syarat dan Ketentuannya
Jakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) untuk 1.850 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Sebagai informasi, nantinya penerima KIP-K akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke kampus masing-masing.

Selain itu, penerima KIP-K juga memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp 6 juta per semester, mulai dari semester satu hingga delapan.

"Pemerintah Indonesia mengeluarkan KIP-K sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang akan diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi," ujar Utiyati, S.Si., M.M., selaku Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan UGM, dikutip dari laman resmi kampus, Jumat (12/8/2022).

Syarat Pendaftar KIP Kuliah UGM

Pendaftaran KIP-K telah dibuka sejak awal Agustus dan akan ditutup pada 19 Agustus mendatang. Mahasiswa penerima KIP-K harus memenuhi sejumlah kriteria, yaitu:

1. Penerima KIP-K adalah mahasiswa angkatan 2022 yang telah lulus SMA/SMK sederajat pada tahun 2022, 2021, dan 2020 dan belum pernah mendapat bantuan KIP-K pada tahun sebelumnya.

2. Mahasiswa juga bukan penerima bantuan KIP-K pada Universitas lainnya.

3. KIP-K diprioritaskan bagi mahasiswa yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), atau berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan program kesejahteraan sosial lainnya.

4. Mahasiswa harus menyiapkan sejumlah berkas mulai dari Formulir Pengajuan Beasiswa, Formulir Pengajuan KIP-K 2022, dan Rekomendasi Fakultas. Ketiga formulir tersebut dapat diunduh langsung melalui laman ditmawa.ugm.ac.id

5. Mahasiswa wajib mengumpulkan dokumen pendukung, mulai dari berkas penghasilan orang tua, dokumen pendukung ekonomi seperti KIP/Kartu Perlindungan Sosial/Surat Keterangan Tidak Mampu dan sejenisnya.

6. Hasil seleksi akan disampaikan melalui status pengajuan di Simaster serta laman Ditmawa.

Untuk seleksi calon penerima KIP-K akan dilaksanakan berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek.

Nantinya, mahasiswa yang menerima KIP-K harus memiliki komitmen untuk menyelesaikan perkuliahan secara tepat waktu.



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia