ADVERTISEMENT

UI Gelar PPKMB 2022 Secara Hybrid, Ini Rangkaian Acaranya

Kristina - detikEdu
Sabtu, 06 Agu 2022 13:00 WIB
Sejumlah mahasiswa UI dari unsur BEM dan lainnya menggelar piknik di depan gedung rektorat. Massa menuntut pencabutan Statuta UI.
Ilustrasi PKKMB UI. Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Indonesia (UI) 2022 akan digelar secara hybrid di Balairung, Kampus UI Depok. Acara ini berlangsung selama empat hari, 8-11 Agustus 2022 mendatang.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, mengatakan, sebanyak 50 persen mahasiswa baru akan dihadirkan secara luring dan sisanya menyaksikan sinkronus dari rumah secara bergantian.

"Jadwal kehadiran luring dan daring para maba tersebut bergantian setiap hari. Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut generasi muda penerus bangsa ini," ucap Amelita dalam keterangannya, seperti dikutip, Sabtu (6/8/2022).

"Antarunit di lingkungan UI bersinergi melakukan uji coba hingga pengecekan kembali agar kegiatan ini berjalan aman dan lancar, serta memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Amelita mengatakan, PKKMB ini merupakan pengenalan awal atmosfer kampus sebelum mahasiswa melaksanakan kuliah tatap muka.

"UI siap menyambut mahasiswa baru (maba) dengan memperkenalkan atmosfer kampus, mereka bisa mencoba bis kuning, melihat langsung fakultasnya masing-masing, mendatangi perpustakaan, dan melihat dari dekat bagaimana suasana kampus tempat mereka menimba ilmu selama beberapa tahun ke depan. Ini merupakan pengenalan awal sebelum nanti mereka kuliah tatap muka pada akhir Agustus 2022," ujarnya.

Rangkaian Acara PKKMB UI 2022

PKKMB UI 2022 mengusung tema "Mahasiswa UI Satu Karena Beda". Amelita menjelaskan, pemilihan tema tersebut karena menilai kegiatan PPKMB merupakan proses pembangunan karakter berkesinambungan para generasi muda.

Menurutnya, melalui penerimaan atas perbedaan, diharapkan mahasiswa UI saling mengenal, bersatu, dan berkolaborasi untuk mencapai prestasi terbaik di bidang akademik riset, pengabdian masyarakat, dan kemahasiswaan.

Rangkaian PKKMB terdiri dari orasi ilmiah dan pembekalan dari tokoh nasional dan pimpinan UI, Orientasi Kehidupan Kampus (OKK), Display Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus.

Kemudian, Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Fakultas, Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM), pameran karya UMKM dan workshop membatik, dan ditutup dengan Gelar Budaya. Para mahasiswa baru ini akan memulai perkuliahan pada 29 Agustus 2022.

Tentang PKKMB UI

PKKMB UI merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Selain itu, agenda ini bertujuan mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Amelita menjelaskan lebih lanjut, pelaksanaan PKKMB UI 2022 diharapkan menjadi wahana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

"Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta Tanah Air, dan berdaya saing global," tutupnya.



Simak Video "Erick Thohir hingga Wiku Dapat Gelar Kehormatan dari ILUNI UI"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia