ITERA Buka Prodi Rekayasa Kosmetik, Pertama di Indonesia

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 15 Jul 2022 10:30 WIB
Itera buka prodi baru
Prodi Rekayasa Kosmetik Itera. Foto: Itera
Jakarta -

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membuka program studi (prodi) Rekayasa Kosmetik (KOS). Prodi ini telah mendapat izin pembukaan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia Nomor 337/E/0/2022 tertanggal 24 Mei 2022.

Sebagai informasi, Prodi KOS menjadi satu-satunya program studi rekayasa kosmetik yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 4080/SK/BAN-PT/PB-PS/S/VII/2022 tertanggal 3 Juli 2022, Prodi KOS ITERA telah memenuhi peringkat Akreditasi Baik yang berlaku dari tanggal 24 Mei 2022 hingga 24 Mei 2027.

Untuk pertama kalinya, penerimaan mahasiswa baru Prodi KOS dibuka melalui 3 skema jalur masuk ITERA 2022. Pendaftaran dilakukan melalui jalur seleksi mandiri yang terdiri atas 3 jenis, yaitu:

  • SMMPTN Barat dengan jadwal ujian pada Selasa, 12 Juli 2022
  • Jalur Prestasi dengan jadwal pendaftaran mulai 11-19 Juli 2022 dan ujian wawancara dilaksanakan pada 22-23 Juli 2022
  • Jalur Seleksi Khusus Prodi Baru dengan jadwal pendaftaran 11-20 Juli 2022 dan ujian tulis berbasis komputer pada 21 Juli 2022

Dikutip dari situs resmi kampus ITERA, Kamis (14/7/2022), kurikulum prodi KOS dirancang sesuai dengan rujukan pembuatan kurikulum sarjana ITERA yang mengharuskan memiliki empat landasan utama yaitu: (1) Hilirisasi; (2) Industri 4.0; (3) ITERA untuk Sumatera; dan (4) Kepeloporan. Empat aspek inilah yang mendasari ITERA berkolaborasi secara proaktif, para mitra bersama ITERA saling memajukan, berkembang dan meraih cita-cita besar kemandirian bagi Bangsa Indonesia.

Rangkaian proses pembentukan program studi Rekayasa Kosmetik diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Rabu, 18 Desember 2019 lalu dengan narasumber berasal dari Sekolah Farmasi ITB, PT Paragon Technology and Innovation, BPOM, dan Dinas Perindustrian Lampung serta undangan dari komunitas.

Sehubungan belum adanya rujukan di Indonesia, maka rujukan terpilih pendidikan kerekayasaan kosmetik di dunia berasal dari 6 perguruan tinggi terkemuka di bidang sains dan teknologi kosmetik yaitu:

  • Program studi Cosmetic Engineering Konkuk University Korea
  • Program studi Cosmetic and Detergents Technology The OWL University Jerman
  • Program studi Cosmetic Science and Formulation Design The University of Toledo Amerika Serikat
  • Program studi Cosmetic Engineering Rashtrasant Tukadoji Maharaj Nagpur University India
  • Program studi Cosmetic Science Tokyo University of Agriculture Jepang
  • Master program di European Fragrance and Cosmetics Prancis.

Jika kamu tertarik bergabung di Prodi Rekayasa Kosmetik, kamu dapat melakukan pendaftaran lewat Jalur Prestasi dan Jalur Seleksi Khusus Prodi Baru. Terdapat ketentuan khusus bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui Jalur Seleksi Khusus Prodi Baru, yaitu tidak buta warna.

Ketentuan lainnya terkait syarat umum, biaya pendaftaran dan jadwal dapat dicek langsung di laman resmi kampus ITERA pmb.itera.ac.id.



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia