Universitas Terbuka: Jadwal, Cara Pendaftaran Hingga Biaya Kuliah

Nada Zeitalini Arani - detikEdu
Jumat, 24 Jun 2022 13:45 WIB
Universitas Terbuka
Informasi seputar Universitas Terbuka. Foto: Universitas Terbuka
Jakarta -

Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menjadi pelopor dan Inovator metode pembelajaran jarak jauh. Memiliki metode belajar yang fleksibel membuat UT cukup banyak diminati calon mahasiswa.

Melalui metode pembelajaran jarak jauh diharapkan mampu mengembangkan daya jangkau dan pemerataan pendidikan tinggi bagi semua warga negara Indonesia. Ini sangat mendukung bagi mereka yang kuliah sambil bekerja, difabel, dan lainnya.

UT juga tidak hanya hadir di satu wilayah saja, melainkan berbagai wilayah di Indonesia. Tentunya ini akan semakin mendukung visi UT yakni 'Menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia'.

Dilansir dari laman resmi Universitas Terbuka, Jumat (24/6/2022), berikut cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, dan biaya kuliah.

Cara Pendaftaran Universitas Terbuka

Daftar online melalui situs https://admisi-sia.ut.ac.id

Klik pengguna baru dan isi data sesuai yang diminta kemudian klik daftar

Verifikasi email pada link yang dikirimkan ke email anda

Lakukan pembayaran billing admisi melalui bank atau mitra UT (BRI, BTN, Mandiri, BNI, Alfagroup, atau Tokopedia)

Registrasi data pribadi dengan mengisi form lengkap yang diminta dan mengunggah data pribadi

Tunggu proses validasi data oleh UT 3x24 jam

Cetak kartu tanda mahasiswa sementaa (KTMS)

Lakukan registrasi mata kuliah

Pelunasan billing registrasi mata kuliah

Tunggu email kampus dan akses office 365


Jadwal Pendaftaran Universitas Terbuka

Pendaftaran mahasiswa baru

Jalur RPL/alih kredit: 9 Mei-27 Juli 2022

Jalur non-RPL: 9 Mei-16 Agustus 2022

Pembayaran pendaftaran

Jalur RPL/alih kredit: 9 Mei-29 Juli 2022

Jalur non-RPL: 9 Mei-18 Agustus 2022

Unggah berkas mahasiswa baru

Jalur RPL/alih kredit: 9 Mei-1 Agustus 2022

Jalur non-RPL: 9 Mei-22 Agustus 2022

Registrasi mata kuliah bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama: 14 Juni-7 September 2022

Pembayaran uang kuliah bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama: 14 Juni-9 September 2022.


Biaya Kuliah di Universitas Terbuka

Sebelum mengetahui biaya kuliah di Universitas Terbuka dalam satu semester atau dikenal dengan SIPAS terbagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

SIPAS Non TTM meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/Pengambilan Ijazah (PI).

Untuk program Diploma, Sarjana, dan Mahasiswa Luar Negeri pada sistem SIPAS Non TTM ini berkisar Rp 1.150.000 sampai dengan Rp 2.000.000.

SIPAS Semi meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

Untuk program Diploma, Sarjana, dan Mahasiswa Luar Negeri pada sistem SIPAS Semi ini berkisar Rp 1.600.000 sampai dengan Rp 3.200.000.

SIPAS Penuh meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

Untuk program Diploma, Sarjana, dan Mahasiswa Luar Negeri pada sistem SIPAS Penuh ini berkisar Rp 1.900.000 sampai dengan Rp 3.650.000.

SIPAS Plus meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara,alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI, dan pelatihan pengembangan diri.

Untuk program Diploma, Sarjana, dan Mahasiswa Luar Negeri pada sistem SIPAS Plus ini berkisar Rp 2.400.000 sampai dengan Rp 3.400.000

SIPAS Online meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital, praktik/praktikum Online, Tuton, Ujian Online, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

Untuk program Diploma, Sarjana, dan Mahasiswa Luar Negeri pada sistem SIPAS Online hanya pada program sarjana FE, FHISIP, FST, FKIP dengan biaya Rp 1.950.000.

Itulah beberapa informasi terkait jadwal pendaftaran, cara daftar, hingga biaya kuliah di Universitas Terbuka. Untukmu yang berminat dan ingin mengetahui informasi lengkapnya bisa langsung mengunjungi website resmi www.ut.ac.id atau www.sia.ut.ac.id.



Simak Video "Fleksibilitas Universitas Terbuka Membawa Mahasiswanya Berprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia