ADVERTISEMENT

UPN Veteran Jakarta Buka 4 Prodi Baru untuk Magister, Tertarik Daftar?

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 09 Jun 2022 11:30 WIB
Logo UPNVJ
Logo UPNVJ. Foto: UPNVJ
Jakarta -

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) membuka 4 program studi (prodi) magister baru. Keempat prodi tersebut yaitu magister akuntansi, ilmu komunikasi, ilmu politik, dan hubungan internasional. Keempat prodi tersebut akan mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023.

"Keberadaan program magister di UPNVJ merupakan salah satu upaya kami untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul bagi dunia industri dan riset," ujar Rektor UPNVJ Erna Hernawati yang dikutip dari laman UPNVJ.

Erna menjelaskan kurikulum prodi magister tersebut disusun sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan riset. Ia juga mengatakan keempat prodi magister tersebut menyusul prodi baru sebelumnya yaitu magister hukum dan manajemen.

"UPNVJ sebagai salah satu perguruan tinggi negeri dengan status Badan Layanan Umum (BLU) berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sesuai dengan salah satu dharma perguruan tinggi, UPNVJ mengabdikan diri untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat," tambah Erna.

Prodi Magister Baru

Adapun, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPNVJ Dianwicaksih Arieftiara menjelaskan pendirian prodi magister akuntansi bertujuan untuk menjawab kebutuhan dunia usaha terhadap tenaga akuntan yang mumpuni.

"Program Studi Magister Akuntansi dirancang bagi lulusan sarjana S-1 dan Diploma-IV, maupun praktisi akuntansi dan bidang ilmu lainnya agar menjadi akuntan profesional di era digital," ujar Dian.

Kurikulumnya juga disusun untuk meningkatkan kemampuan dalam akuntansi dengan cakupan pengetahuan lanjutan seperti akuntansi keuangan, pengauditan, perpajakan, akuntansi sektor publik, dan akuntansi syariah yang menerapkan teknologi informasi.

Nantinya diharapkan akan meningkatkan kompetensi akuntan profesional yang mampu bertranformasi di era digital.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik R Dudy Heryadi mengatakan kurikulum Magister Ilmu Komunikasi, Magister Ilmu Politik, dan Magister Hubungan Internasional disusun berbasis digital.

"Perkuliahan nantinya diharapkan akan dimulai pada September 2022," ujar Dudy.

Ketua prodi magister ilmu komunikasi Munadhil Abdul Muqsith menjelaskan, pada prodi magister ilmu komunikasi akan membuka tiga konsentrasi mata kuliah yang berhubungan dengan komunikasi digital. Ketiga mata kuliah tersebut yaitu Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Media Digital, Komunikasi Digital Korporat, dan Komunikasi Digital Pemasaran.

"Kami menargetkan setidaknya ada 20 mahasiswa. Para pengajar memiliki kualitas lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri serta memiliki kepakaran di bidang riset digital. Kami juga mengundang pakar dan praktisi professional untuk turut mengajar dan memperkuat kegiatan perkuliahan," ujar Munadhil.

Ketua prodi magister Ilmu Politik UPNVJ Ardli Johan Kusuma menjelaskan magister ilmu politik bertujuan untuk mengikuti perkembangan dinamika politik.

"Harapannya lulusan prodi magister ilmu politik dapat menjadi birokrat, political entrepreneur, penggerak NGO, dan pegawai pemerintahan yang dibekali pengetahuan dan ilmu praktis dalam politik kewarganegaraan dan politik digital,"" ujar Ardli.

Itulah 4 prodi magister baru di UPNVJ. Apa detikers berminat?



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/atj)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia