ADVERTISEMENT

UMM Punya UKM E-Sport, Seperti Apa Kegiatannya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 08 Jun 2022 14:30 WIB
Mobile Legend
ilustrasi game mobile legend.Foto: shutterstock
Jakarta -

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki unit kegiatan mahasiswa (UKM) baru yaitu e-Sport yang diberi nama UMM E-Sport. Menurut Ketua UMM E-Sport Nizar Muttaqin menceritakan UKM ini berbentuk komuniktas Mobile Legend (ML) yang awalnya berdiri sejak tahun 2019.

Awalnya peminat dari komunitas game ini cukup tinggi, sehingga mereka berdiskusi dengan kampus untuk mendirikan UKM. UMM E-Sport kemudian diresmikan pada bulan Februari 2022.

UKM ini berdiri dengan satu divisi yaitu dari game ML namun melebarkan divisi dengan game Player Unknowns's Batteleground (PUBG).

"Setelah resmi menjadi UKM, kami melebarkan sayap ke game lain yaitu PUBG agar bisa menjangkau banyak mahasiswa lainnya. Lagipula ada banyak gim-gim kompetitif lain yang bisa dikembangkan," ujar Nizar yang dikutip dari laman UMM.

Bukan Hanya Sekadar Bersenang-senang

Pendirian UKM ini bukan hanya untuk bersenang-senang saja melainkan juga dipersiapkan untuk mengikuti turnamen. Ada beberapa kegiatan penting yang mereka ikuti yaitu turnamen, fun match, dan open recruitment.

Nizar menjelaskan ada dua bentuk divisi yang ada di UMM E-Sport. Kedua divisi tersebut yaitu Pro Scene dan Game.

Divisi Pro Scene berfokus untuk menyiapkan atlet yang mengikuti lomba dan mewakili UMM di tiap turnamen. Sedangkan divisi game berfokus kepada persiapan turnamen dan agenda.

Kegiatan UKM ini juga melakukan latihan rutin. Intensitasnya akan bertambah apabila mendekati kompetisi. Walaupun berfokus dengan main game, UMM E-Sport juga harus memprioritaskan kuliah terlebih dahulu.

"Untuk Pro-Scene kami berfokus pada tim yang akan mewakili UMM dalam perlombaan atau kejuaraan. Untuk saat ini ada dua game yang terus kami kembangkan yaitu PUBG dan ML," papar Nizar.

Mahasiswa informatika angkatan 2018 tersebut berharap agar UMM E-Sport dapat beregenerasi dan terus berlanjut. Ia juga berharap agar ekosistem dunia game bisa terus membaik dan produktif sehingga dapat menghasilkan atlet-atlet yang berkualitas.

"Harapannya tentu kami ingin ada Atlet UMM E-Sport yang bisa mengharumkan nama UMM di kerjuaraan regional hingga internasional," kata Nizar.



Simak Video "Livy Renata Jadi Guest Star di ESPORTS X TALENT 2022!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia