5 Spot Belajar yang Asyik di UGM, Maba Suka yang Mana?

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 26 Mei 2022 15:15 WIB
Coworking space UGM
Coworking space UGM. Foto: UGM
Jakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki beragam spot belajar yang asik untuk para mahasiswanya. Biasanya para mahasiswa UGM menghabiskan waktu untuk mengerjakan tugas ataupun kerja kelompok di spot-spot tersebut.

Nah bagi detikers yang masih penasaran dengan spot-spot belajar di UGM, berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram UGM:

Spot Belajar di UGM

1. The Gade Creative Lounge - Perpustakaan Pusat

The Gade Creative Lounge merupakan ruangan yang memiliki konsep mini co working space. Ruangan ini dibangun berdasarkan hasil kerja sama UGM dengan PT Pegadaian.

Co working space ini menghadirkan konsep belajar ala millennial yang menyerupai café saat ada di Perpustakaan Pusat UGM. Ruangan ini baru diresmikan pada 7 Desember 2021 lalu.

2. Zomia Co Working Space - Fakultas Kehutanan

Zomia Co Working Space terletak di Taman Timur (tamtim) Fakultas Kehutanan UGM. Tempat ini merupakan kerja sama dengan alumni dan Zomia café.

Zomia coworking space diciptakan untuk menciptakan ruang belajar yang representative. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan mahasiswa. Fasilitas ini juga diharapkan dapat berinteraksi dengan alumni untuk mengembangkan ilmu kehutanan.

3. BRI Work - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Co working space selanjutnya yaitu BRI Work yang terletak di Fisipol UGM. Tempat ini dibangun melalui kerja sama antara Fisipol UGM dengan BRI.

BRIWork di FISIPOL UGM merupakan co-working space pertama di tingkat komunitas yang dibangun oleh BRI dan nantinya konsep serupa akan diterapkan di beberapa komunitas lainnya.

Selain itu, di BRIWork juga menyediakan layanan perbankan dan aktivitas lainnya.

4. Taman AGS - Fakultas Teknik

Taman AGS adalah kependekan dari Taman Arsitektur, Geodesi, Sipil. Taman ini memiliki enam cekungan rain garden.

Taman AGS dibangun untuk mmberikan manfaat lingkungan dan estetika. Manfaat lingkungannya yaitu kemampuan menahan dan menyerap dan menguapkan (oleh komunitas vegetasi) limpasan air hujan sehingga mengurangi resiko genangan/banjir, mengurangi resiko pencemaran air di sungai, danau dan kawasan perairan di mana limpasan air hujan dialirkan, dan menaikkan permukaan air tanah.

Adapun manfaat estetika yaitu banyaknya tanaman ornamental dan komponen taman seperti bebatuan untuk meningkatkan kualitas keindahan rain garden.

Taman ini juga merupakan spot belajar di UGM.

5. Gedung Daruslan - Sekolah Vokasi

Gedung Daruslan terletak di Sekolah Vokasi UGM. Di dalam gedung ini ada meja-meja yang ada di balkon gedung. Biasanya mahasiswa dapat belajar sembari menikmati pemandangan.

Nah itulah spot belajar yang menarik di UGM. Bagaimana tertarik mengunjunginya?



Simak Video "Kala Anies Jadi Sasaran Selfie Wisudawan UGM Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia