46 Perguruan Tinggi Dunia Gabung di IISMA Vokasi 2022, Mana Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 21 Mei 2022 16:00 WIB
IISMA Vokasi
IISMA Vokasi.Foto: Dok. Screenshot YouTube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbudristek mengumumkan ada 46 perguruan tinggi luar negeri dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) edisi vokasi.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan, 46 perguruan tinggi tersebut berasal dari Korea Selatan, Inggris, Irlandia, Malaysia, Prancis, Taiwan, Australia, Amerika Serikat, Hungaria, Jerman dan Turki.

"Tidak hanya kuliah di 46 perguruan tinggi luar negeri, mahasiswa vokasi juga menjalani magang di perusahaan mitra kampus luar negeri tersebut. Maka dari itu, moto dari program ini adalah Learning in Collaboration with Industry," ujar Wikan dari keterangan yang diterima detikEdu, dan ditulis Jumat (20/5/2022).

Perguruan tinggi dengan negara terbanyak yang menjadi mitra IISMA vokasi yakni Australia. Di Australia terdapat 10 perguruan tinggi dengan 10 prodi yang bisa dipilih.


Adapun untuk magang, kesempatan besar berada di Inggris. Ada 14 mitra industri dan dua kampus terkemuka di Inggris yang bisa dicoba mahasiswa vokasi.

Dalam IISMA vokasi nantinya mahasiswa dapat menempuh studi satu semester di kampus tujuan tetapi juga melaksanakan magang di industri atau perusahaan mitra dari kampus yang dituju.

"Ditjen Vokasi memastikan bahwa dalam program ini mahasiswa tidak hanya belajar tetapi juga berkesempatan untuk bisa magang di Industri atau perusahaan mitra kampus luar negeri" papar Wikan.

Terdapat tiga skema dalam program IISMA Vokasi yaitu pertama fokus magang di industri, kedua magang dan menjalani kuliah dengan seimbang, ketiga fokus kuliah namun materi berhubungan dengan dunia industri.

Pada skema ketiga kelas akan diajar oleh praktisi industri.

"IISMA edisi Vokasi merupakan salah satu langkah bagi mahasiswa vokasi Indonesia untuk mengenyam pendidikan di luar negeri sekaligus mendapatkan pengalaman praktik di industri," urai Ketua IISMA Edisi Vokasi, Hilda Cahyani.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA UNTUK DAFTAR KAMPUS >>>>>>>>>>>>>>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia